MULKY SOLAHUDDIN, (2013) PEMBELAJARAN METODE TAMYIZ TERHADAP KEMAMPUAN MENTERJEMAHKAN AL-QUR’AN DAN MEMBACA KITAB KUNING DI SMP NEGERI 2 KEDOKANBUNDER INDRAMAYU. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
MULKY SOLAHUDDIN_OK-min.pdf Download (803kB) | Preview |
Abstract
MULKY SOLAHUDDIN: Kitab kuning seolah menjadi beban berat bagi santri umum tidak hanya bagi kaum muslim awam, bahkan para santri pesantren sekalipun, dan ini tentunya sebuah permasalahan yang mendukung pula selain sulitnya menerjemahkan al- Quran. Namun dalam beberapa pengakuan lewat penerapan metode Tamyiz yang sudah dipraktekan, metode ini mampu menyelesaikan permasalahan di atas terlebih lagi metode ini bisa diterapkan disekolah-sekolah umum yang berlatar belakang bukan pesantren. Ini menunjukan bahwa metode Tamyiz memiliki keunggulan dan metode Tamyiz memberikan kunci-kunci yang strategis untuk kedua teori tersebut, dan santri bisa langsung membaca, menguraikan struktur kata sekaligus menterjemahkan Alquran dan kitab kuning. Masalah ini adalah Penerapan pembelajaran Metode Tamyiz di SMPN 2 Kedokanbunder Indramayu? Bagaimana proses pembelajaran metode Tamyiz di SMPN 2 Kedokanbunder Indramayu? Apa faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran metode Tamyiz di SMPN 2 Kedokanbunder Indramayu? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang pembelajaran Metode Tamyiz di SMPN 2 Kedokanbunder Indramayu, proses pembelajaran metode Tamyiz di SMPN 2 Kedokanbunder Indramayu dan faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran metode Tamyiz di SMPN 2 Kedokanbunder Indramayu. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif bentuk penelitian ini adalah dilakukan dengan cara menggunakan metode pendekatan lapangan yaitu penulis mengadakan wawancara, dialog (tatap muka dengan para siswa dan guru-guru) disertai pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan masalah penelitian tesis. Hasil penelitian ini menyimpulkan, bahwa pelaksanaan program belajar mengajar bidang studi metode Tamyiz/kuantum nahwu shorof di SMPN 2 Kedokanbunder Indramayu Bayt Tamyiz telah mencapai Efektifitas yang baik. Hal ini bisa dicapai dengan upaya-upaya yang dilakukan, pendidikan tidak lepas dari metodologi yang diprogramkan dilembaga sebagai acuan dan tolak ukur tujuan pendidikan dan upaya lembaga itu sendiri. Dan juga melihat ada dorongan batin yang cukup luar biasa, yang tentunya tidak semua guru memilikinya itu berkat kerja sama yang baik pada semua pihak yang terkait di dalamnya.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 07 Apr 2017 07:13 |
Last Modified: | 12 Jun 2017 01:43 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1833 |
Actions (login required)
View Item |