UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn MELALUI METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (Penelitian PTK Pada Siswa kelas VI MI Muhammadiyah Segeran Kecamatan Juntinyuat)

MUSLIKHAH, (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn MELALUI METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (Penelitian PTK Pada Siswa kelas VI MI Muhammadiyah Segeran Kecamatan Juntinyuat). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
MUSLIKHAH_OK-min.pdf

Download (644kB) | Preview

Abstract

MUSLIKHAH : Berdasarkan hasil observasi serta diskusi dengan guru dan siswa kelas VI Madrash Ibtidaiyah Muhammadiyah Segeran pada semester II Tahun Ajaran 2012/2013, diketahui bahwa hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada paruh semester genap masih rendah. Hal ini terbukti dari hasil nilai Ulangan Tengah Semester (UTS) siswa kelas VI yang berjumlah 26 siswa diperoleh data bahwa hanya 8 siswa (30,77%) yang mencapai ketuntasan belajar dengan kisaran nilai 70,10 - 84,00 dan 18 siswa (69,23) yang belum mencapai ketuntasan belajar dengan kisaran nilai 22,80-68,80. Contextual Teching and Learning hadir untuk memediasi hal tersebut. Metode pembelajaran yang berpusat pada siswa dan menekankan proses belajar melalui mengalami bukan menghafal, mampu memperluas pengalaman dan menumbuhkan minat siswa, sehingga mereka bisa terlibat lebih aktif dalam proses pembelajaran. Ini cocok dengan esensi materi pelajaran PKn yang menanamkan nilai-nilai moral melalui serangkaian praktek dan pengamatan langsung di lapangan, bukan sekedar retorika atau visualisasi poster semata. Tujuan penulis melakukan penelitian ini adalah untuk memperbaiki pembelajaran dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan. Sedangkan berdasarkan permasalahan yang penulis hadapi, maka tujuan Penelitian di sini adalah : Untuk mengetahui penerapan pembelajaran Contextual Teaching Learnig pada mata pelajaran PKn dan Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran CTL dalam meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada siswa kelas VI MI Muhammadiyah Segeran kecamatan Juntinyuat. Kata kontekstual (contextual) berasal dari kata context yang berarti ”hubungan, konteks, suasana dan keadaan (konteks)” sehingga Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat diartikan sebagai suatu pembelajaran yang berhubungan dengan suasana tertentu. Secara umum contextual mengandung arti : relevan, ada hubungan atau kaitan langsung, mengikuti konteks; yang membawa maksud, makna, dan kepentingan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI MI Muhammadiyah Segeran yang berjumlah 26 orang, dengan metode Penelitian Tindakan Kelas dan teknik pengumpulan data melalui angket, observasi dan tes tiap siklus. Analisis data dilakukan dengan dua pendekatan yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan selama tiga siklus, dan berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut: Guru mampu mengelola pembelajaran Contextual Teaching Learning dengan cukup baik dan mampu meningkatkan keaktivan siswa dengan alokasi waktu yang ditentukan serta membuat siswa lebih antusias mengikuti proses pembelajaran. Pembelajaran Contextual Teaching Learning memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran, hal ini dapat dilihat dari semakin mantapnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan guru (ketuntasan belajar meningkat dari sklus I, II, dan III) yaitu masing-masing 61,54%, 77,34%, dan 88,46%.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 10 Apr 2017 03:00
Last Modified: 10 Apr 2017 03:00
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1856

Actions (login required)

View Item View Item