UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE PAIKEM PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS VI DI MI PUI SEGERAN KIDUL JUNTINYUAT INDRAMAYU

NAWAWI, (2013) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE PAIKEM PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS VI DI MI PUI SEGERAN KIDUL JUNTINYUAT INDRAMAYU. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
NAWAWI_OK-min.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

NAWAWI : Siswa pada dasarnya mampu mencapai tingkat kepandaian yang optomal dalam pembelajaran, berfikir secara cepat dan tepat dengan adanya konsentrasi yang tinggi. Dalam motivasi pembelajaran di SD/MI, pembentukan watak awal dari kepribadian siswa perlu diperhatikan. Oleh karena itu pendidik harus mampu memberikan kenyamanan kepada siswa dalam proses belajar. Pelajaran PKn sesuai kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) saat ini mulai diajarkan dari kelas IV yang menjadi dasar untuk kelas berikutnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn dengan menggunakan metode Paikem. Untuk mendeskripsikan metode Paikem dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn Kelas VI. Untuk mengetahui motivasi siswa sebelum dan sesudah penerapan metode Paikem pada mata pelajaran PKn Kelas VI. Motivasi sebagai dorongan atau kemauan untuk melakukan sesuatu. Jika dikaitkan dengan kegiatan bimbingan maka siswa berkedudukan sebagai objek motivas dan pemberi bimbingan adalah guru sebagai subjek motivasi. Pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan adalah sebuah model pembelajaran yang memungkinkan peserta didik melakukan kegiatan yang beragam untuk mengembangkan keterampilan, sikap, dan pemahaman sumber dan alat bantu belajar termasuk pemanfaatan lingkungan suapaya pembelajaran lebih menarik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Kegiatan penelitian ini dilakukan di kelas VI MI PUI Segeran Kidul Juntinyuat. Penelitian tindakan kelas mencakup kegiatan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Keempat kegiatan ini berlangsung secara berulang dalam bentuk siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan test, observasi wawncara dan dokumentasi. Hasil penelitian pada siklus I dengan data awal siswa mendapatkan nilai rata-rata 46.00, setelah melalui siklus I hasilnya adalah 55.71, sedangkan hasil obervasi angket motivasi pada siklus I adalah pertemuan ke-1 : 26%, pertemuan ke-2 : 40% dan pertemuan ke-3 : 48%. Hasil penelitian pada siklus II nilai ratarata adalah 71.00 dan hasil observasi motivasi pada pertemuan ke-4 : 53%, pertemuan ke-5: 50%, dan pada pertemuan ke-6 : 66%. Hasil penelitian pada siklus III dengan nilai rata-rata 80.28, sedangkan motivasi belajar siswa pada pertemuan ke-7 : 70%, pada pertemuan ke-8 : 76% dan pada pertemuan ke-9 :

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 10 Apr 2017 03:14
Last Modified: 10 Apr 2017 03:14
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1859

Actions (login required)

View Item View Item