PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATERI MENYEDERHANAKAN PECAHAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV MI ALWASHLIYAH PERBUTULAN KEC.SUMBER KAB. CIREBON.

RAHMANIA AL BAITI, (2013) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATERI MENYEDERHANAKAN PECAHAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV MI ALWASHLIYAH PERBUTULAN KEC.SUMBER KAB. CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
RAHMANIA AL BAITI_58471323_ok-min.pdf

Download (438kB) | Preview

Abstract

RAHMANIA AL BAITI : Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang mempunyai objek yang bersifat abstrak. Hal ini menyebabkan siswa Madrasah Ibtidaiyah atau Sekolah Dasar mengalami kesulitan dalam belajar matematika. Dalam pembelajaran matematika setiap konsep yang abstrak yang harus dipahami siswa perlu segera diberi penguatan, agar mengendap dan bertahan lama dalam memori siswa, sehingga akan melakat dalam pola pikir dan tindakannya. Tujuan dilaksanakanya penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi menyederhanakan pecahan pada kelas 4 Agar proses pembelajaran matematika materi menyederhanakan pecahan berlangsung dengan baik, maka guru dituntut mampu menggunakan model pembelajaran yang tepat dalam proses belajar mengajar. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI). Pembelajaran kooperatif tipe TAI merupakan metode pembelajaran dengan kelompok heterogen yang memberikan informasi untuk memahami suatu konsep matematika. Dalam TAI Siswa bekerja sama antar kelompok dalam usaha memecahkan masalah. Dengan demikian dapat memberikan peluang kepada siswa yang berkemampuan rendah untuk dapat meningkatkan kemampuannya karena termotivasi oleh siswa lain yang mempunyai kemampuan yang lebih tinggi. Diharapkan partisipasi siswa dalam pembelajaran matematika akan meningkat sehingga hasil belajar siswa juga akan meningkat. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Pembelajaran TAI dalam menyedrehanakan pecahan yang dilaksanakan di MI Al Washliyah Perbutulan dengan subjek penelitian berjumlah 30 siswa kelas IV(Empat). Penelitian ini berjumlah dua siklus didesain dalam setiap siklusnya terdapat pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Dan nilai KKM yang ditentukan sejumlah 65. Dari hasil penelitian ini dibagi menjadi tiga siklus dengan menggunakan tingkat keberhasilan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran melalui tes setiap akhir pembelajaran, yakni: Pra Siklus mendapatkan nilai rata-rata sebesar 56,5, Siklus I 60,5, Siklus II 64,5 dan pada siklus III mengalami peningkatan yang pesat yaitu 77. Maka penelitian dikatakan berhasil mencapai nilai KKM yang ditentukan. Selain itu dengan menggunakan model pembelajaran TAI ini di MI Al Washliyah Perbutulan Kec. Sumber Kab. Cirebon terbukti dalam aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran materi Menyederhanakan pecahan, ini terlihat dari meningkatnya aktivitas siswa dari siklus I berjumlah 30% siswa aktif, 36,5% siswa pasif, 10% siswa ribut dan 23,5% siswa ngantuk. Aktivitas siswa siklus II adalah 43,5% siswa aktif, 30% siswa pasif, 10% siswa ribut dan 16,5% siswa ngantuk. Dan pada siklus III 60% siswa aktif, 23,5 siswa pasif, 10% siswa ribut dan 6,5% siswa ngantuk. Jadi penelitian ini dapat dikatakan berhasil dengan baik.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 10 Apr 2017 03:32
Last Modified: 10 Apr 2017 03:32
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1865

Actions (login required)

View Item View Item