RENI PURWANI SYAHARA, (2013) PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) (Studi eksperimen dikelas IV Madrasah Ibtidaiyah (MI) Salafiyah). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
RENI PURWANI SYAHARA_0904704403_ok-min.pdf Download (579kB) | Preview |
Abstract
RENI PURWANI SYAHARA : Proses belajar mengajar merupakan hal sangat berpengaruh pada keberhasilan pendidikan peserta didik. Proses belajar mengajar sendiri dapat dikatakan berhasil, apabila ketuntasan belajar telah mencapai target yang telah ditentukan Namun seringkali dalam proses belajar mengajar banyak siswa yang belum mencapai KKM. Salah satu hal yang berperan penting dalam proses pembelajaran adalah strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Namun dalam pelaksanaannya dilapangan masih banyak kegiatan pembelajaran yang hanya berkutat pada memberi dan menerima informasi, dimana guru masih menggunakan strategi atau model pembelajaran yang cenderung monoton. Dengan pembelajaran yang demikian dirasa akan sangat membosankan bagi siswa, sehingga motivasi belajar akan semakin rendah dan pencapaian prestasi belajar pun rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbandingan prestasi belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) dan teams games tournament (TGT) pada pokok bahasan bilangan romawi di MI Salafiyah. Model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) adalah model pembelajaran yang proses pembelajarannya siswa dibagi dalam beberapa kelompok. Tipe ini dikembangkan oleh Kagen dalam Ibrahim dengan melibatkan para siswa dalam menelaah bahan yang tercakup dalam suatu pelajaran dan mengecek pemahaman mereka terhadap isi pelajaran tersebut. Sedangkan, Model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) adalah suatu model yang mengutamakan adanya kelompok-kelompok, setiap siswa yang ada dalam kelompok mempunyai tingkat kemampuan yang berbeda-beda. Pada model ini siswa memainkan permainan dengan anggota-anggota tim lain untuk memperoleh tambahan poin untuk skor tim mereka. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MI Salafiyah dan kedua kelas tersebut dijadikan sebagai sampel yaitu kelas IV A (kelas Eksperimen 1) dan kelas IV B (kelas Eksperimen 2) dimana masing masing kelas berjumlah 33 dan 38 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah test. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan uji prasyarat yaitu dengan menggunakan uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Gain dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat peningkatan prestasi belajar siswa di kelas yang menerapkan Model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT). Hal ini dilihat berdasarkan hasil uji paired samples test diketahui bahwa diperoleh nilai signifikansi atau Sig (2-tailed) adalah 0,000. Terdapat pula peningkatan prestasi belajar siswa di kelas yang menerapkan Model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT). Hal ini dilihat berdasarkan hasil uji paired samples test diketahui bahwa diperoleh nilai signifikansi atau Sig (2-tailed) adalah 0,000. Dan tidak Terdapat perbedaan Perbandingan prestasi belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) dan teams games tournament (TGT) pada bilangan romawi, hal ini dilihat berdasarkan hasil uji Independent Samples Test diketahui bahwa diperoleh nilai signifikansi atau Sig (2-tailed) adalah 0,273. Kalau dibandingkan, maka nilainya akan lebih besar dari 0,05 (0,273 > 0,05), hal ini berarti bahwa Ho diterima dan Ha ditolak.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 10 Apr 2017 03:35 |
Last Modified: | 10 Apr 2017 03:35 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1866 |
Actions (login required)
View Item |