SAELAN :, (2013) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI PENGGUNAAN METODE TANYA JAWAB DI MI HIDAYATUL MUBTADI’IN 2 CIBEBER KECAMATAN SUKAGUMIWANG KABUPATEN INDRAMAYU. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
SAELAN_OK.pdf Download (820kB) | Preview |
Abstract
SAELAN : Dalam proses pembelajaran tentunya sangat membutuhkan metode, teknik dan pendekatan pembelajaran. Ketiga komponen tersebut merupakan sautu kesatuan yang tidak dapat terpisahkan untuk dapat mendapatkan prestasi belajar yang baik dan hasil belajar yang maksimal sesuai dengan target Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Berdasarkan pengamatan dan pengalaman peneliti menjadi guru di MI Hidayatul Mubtadi’in 2 Cibeber Kecamatan Sukagumiwang Kabupaten Indramayu keadaan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V tidak mengalami peningkatan karena prestasi belajar mereka menurun. Sebagian besar hasil belajar mereka masih berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Berangkat dari permasalahan di atas, maka penulis tertarik untuk mengadakan penelitian tindakan kelas tersebut. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas V MI Hidayatul Mubtadi’in 2 Cibeber Kecamatan Sukagumiwang Kabupaten Indramayu. Pada proses pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan metode tanya jawab merupakan salah satu alternatif yang sesuai dengan materi karangan bebas di kelas V dengan sub bahasan tentang membuat karangan bebas yang dilaksanakan dalam bentuk tugas individual. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang termasuk penelitian kualitatif karena dilakukan dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Penelitian ini dilaksanakan di MI Hidayatul Mubtadi’in 2 Cibeber Kecamatan Sukagumiwang Kabupaten Indramayu. Subjek penelitian adalah pihak yang terlibat dalam penelitian yaitu siswa kelas V yang berjumlah 13 anak. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi, metode angket, metode observasi dan metode tes. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode tanya jawab, teknik dan pendekatan pembelajaran tersebut dapat meningkatkan prestasi dan hasil belajar siswa kelas V MI Hidayatul Mubtadi’in 2 Cibeber Kecamatan Sukagumiwang Kabupaten Indramayu. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai yang diperoleh siswa sebgaian besar di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada pelaksanaan siklus I dan siklus II. Kata Kunci : Metode Tanya Jawab, Hasil Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 10 Apr 2017 03:46 |
Last Modified: | 10 Apr 2017 03:46 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1870 |
Actions (login required)
View Item |