Sri Juwita, (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MELALUI METODE PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN IPA MATERI TUMBUHAN HIJAU ( Penelitian Tindakan Kelas Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyah Islamiyah Bangodua Indramayu ). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
SRI JUWITA_OK-min.pdf Download (582kB) | Preview |
Abstract
Sri Juwita : Pengembangan model pembelajaran interaktif dalam mata pelajaran IPA dapat dilakukan guru dengan syarat harus memperhatikan sembilan hal yakni : motivasi, pemusatan perhatian, latar belakang siswa, belajar sambil bermain, belajar sambil bekerja, belajar menemukan dan memecahkan permasalahan serta hubungan sosial. Dalam proses kegiatan belajar mengajar yang interaktif, guru berperan sebagai pengajar, motivator, fasilitator, mediator, evaluator, pembimbing dan pembaru. Dengan demikian kedudukan siswa dalam kegiatan pembelajaran di dalam kelas melalui peran aktif, dimana aktifitas nya dapat diukur dari kegiatan memperhatikan, mencatat, bertanya menjawab, mengemukakan pendapat. Dalam penelitian ini dirumuskan masalah yang terkait dengan judul di atas yakni : 1. Bagaimana peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA melalui model pembelajaran interaktif ? 2. Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui model pembelajaran interaktif ? Adapun penelitian ini bertujuan untuk : 1. Untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA melalui model pembelajaran interaktif, 2. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui model pembelajaran interaktif. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan metode deskriptif sebagai upaya penyusunan bahan penelitian. Metode “historis documenter” dan “library research” dipakai untuk teknik pengumpulan data yang terkait dengan penelitian. Adapun analisis kesimpulan menggunakan metode deduktif dan induktif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah : 1. Keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan melalui penerapan metode pembelajaran interaktif, 2. Ketuntasan belajar mengalami peningkatan melalui penerapan metode pembelajaran interaktif, pada siklus I yang memenuhi kriteria ketuntasan hanya 45,5%, mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 84,4% dan pada siklus III meningkat menjadi 100%. Kata Kunci : Peningkatan, Hasil Belajar, Pembelajaran Interaktif.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 10 Apr 2017 04:09 |
Last Modified: | 10 Apr 2017 04:09 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1879 |
Actions (login required)
View Item |