YAYAN KOMALASARI, (2013) PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA LIDI DENGAN WARNA YANG BERBEDA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SDN 2 CANGKRING KECAMATAN PLERED KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
YAYAN KOMALASARI_OK-min.pdf Download (605kB) | Preview |
Abstract
YAYAN KOMALASARI : Belajar adalah proses perubahan tingkah laku melalui pengalaman. Pengalaman itu dapat berupa pengalaman langsung dan pengalaman tidak langsung. Pengalaman langsung adalah pengalaman yang diperoleh melalui aktivitas sendiri pada situasi yang sebenarnya. Pada kenyataannya tidak semua bahan pelajaran dapat disajikan secara langsung. Pada proses pembelajaran matematika kebanyakan siswa kesulitan dalam memahami dan mengingat konsep matematika. Untuk itu guru perlu menggunakan media pembelajaran dalam menyampaikan materi agar interaksi antara guru dan siswa berlangsung dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan media alat peraga lidi dengan warna yang berbeda, untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa sebelum dan sesudah menggunakan alat peraga lidi dengan warna yang berbeda dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan alat peraga lidi dengan warna yang berbeda terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini bertitik tolak dari pemikiran bahwa sekolah adalah lembaga pendidikan yang dalam prosesnya terjadi hubungan timbal balik antara guru sebagai pendidik dan siswa sebagai peserta didik. Dalam kegiatan pembelajaran di sekolah yang merupakan inti dari kegiatan pendidikan haruslah terjadi interaksi antara berbagai komponen pengajaran. Komponen-komponen tersebut dikelompokan dalam tiga kategori utama, yaitu: (1) guru, (2) materi pelajaran, (3) siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik angket, tes, dan studi dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas III SDN 2 Cangkring Kecamatan Plered Kabupaten Cirebon yang berjumlah 34 siswa pada tahun ajaran 2012/2013. Setelah data diperoleh kemudian data dianalisis dengan analisis data berupa uji normalitas, uji linearitas dan uji regresi. Hasil penelitian yang diperoleh, respon siswa terhadap pembelajaran matematika menggunakan alat peraga lidi diperoleh rata-rata angket sebesar 20,30% menjawab “sangat setuju”, 28,53% menjawab “setuju”, 35,59% menjawab “ragu-ragu”, dan 15,59% menjawab tidak setuju. Hasil belajar matematika siswa yang sebelum menggunakan alat peraga lidi diperoleh rata-rata 53,24. Sedangkan hasil belajar matematika siswa sesudah menggunakan alat peraga lidi diperoleh rata-rata 76,77. Adapun penggaruhnya pada uji t diperoleh thitung = 4,163 dan ttabel = 0,349 ternyata thitung > ttabel berarti ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan alat peraga lidi dengan warna yang berbeda terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SDN 2 Cangkring.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 10 Apr 2017 04:36 |
Last Modified: | 10 Apr 2017 04:36 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1890 |
Actions (login required)
View Item |