Yuyun Yuniah, (2013) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA PADA POKOK BAHASAN PERUBAHANWUJUD BENDA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI (PTK di Kelas IVMI Al Washliyah Perbutulan Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
YUYUN YUNUAH_58471339_OK.pdf Download (727kB) | Preview |
Abstract
Yuyun Yuniah : Siswa kelas IV MI Al Washliyah Perbutulan Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon, pada hasil nilai ulangan harian IPA pada pokok bahasan perubahan wujud benda, masih banyak siswa yang tidak tuntas belajar, 21 dari 30 siswa nilainya masih di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Nilai KKM IPA kelas IV tahun ajaran 2012/2013 adalah 70. Siswa kelas IV juga memiliki karakteristik aktivitas siswa yang pasif, yaitu siswa kurang komunikatif dengan guru dan teman sekelasnya. Selama pembelajaran IPA, keterlibatan siswa jarang di libatkan dalam praktikum. Untuk mengatasi permasalahan ini, maka diperlukan suatu model pembelajaran yang banyak melibatkan siswa sehingga dapat meningkatkan aktivitas hasil dan ketuntasan belajar siswa. Salah satu model yang digunakan adalah model inkuiri pada pembelajaran IPA. Pengajaran berdasarkan inkuiri adalah suatu strategi yang berpusat pada siswa di mana kelompok siswa inkuiri kedalam suatu isu atau mencari jawabanjawaban terhadap isi pertanyaan melalui suatu prosedur yang digariskan secara jelas dan struktural kelompok. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengkaji keberhasilan penerapan model inkuiri, pada proses pembelajaran IPA pada pokok bahasan perubahan wujud benda di kelas IV, MI Al Washliyah Perbutulan. (2) Untuk mengkaji hasil belajar siswa kelas IV MI Al Washliyah Perbutulan pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada pokok bahasan perubahan wujud benda. (3) Seberapa besar pengaruh penggunaan inkuiri, dengan hasil dan ketuntasan belajar siswa pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada pokok bahasan perubahan wujud benda di kelas IV MI Al Washliyah Perbutulan. Peneliti ini dilakukan di kelas IV MI Al Washliyah Perbutulan Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon, semester ganjil tahun 2012/2013 yang berjumlah 30 siswa dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas dalam dua siklus. Tiap-tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan penilaian hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 61,33 dan siklus II adalah 79. Secara umum dapat disimpulkan bahwa pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan aktivitas siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 10 Apr 2017 04:41 |
Last Modified: | 10 Apr 2017 04:41 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1892 |
Actions (login required)
View Item |