Z A H R O H, (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK DALAM MENDEKLAMASIKAN PUISI MELALUI METODE DEMONTRASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS II MI YAPIDA TAMBI KECAMATAN SLIYEG KABUPATEN INDRAMAYU. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
ZAHROH_OK-min.pdf Download (693kB) | Preview |
Abstract
Z A H R O H : Guru dalam melaksanakan tugasnya dituntut secara profesional. Keprofesional guru harus memerlukan wawasan luas, mantap, dan utuh tentang kegiatan proses pembelajaran. Salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa adalah faktor kemampuan siswa. Pada materi pembelajaran puisi masih banyak siswa yang tidak merasa tertarik atau berkemampuan dalam mendeklamasikan puisi dimana berdampak terhadap hasil belajar siswa yang rendah, untuk itu dibutuhkan upaya untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mendeklamasikan puisi. Salah satu upaya penulis untuk meningkatkan kemampuan anak mendeklamasikan puisi adalah dengan cara mendeklamasikan puisi melalui metode demontrasi dimana hasil yang diharapkan adalah siswa menjadi berkemampuan dalam mendeklamasikan puisi dan tentu saja hasil akhir yang ingin dicapai adalah prestasi siswa yang meningkat. Tujuan penelitian ini yaitu pertama untuk mengkaji kemampuan anak dalam mendeklamasikan puisi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas II MI YAPIDA Tambi Kecamatan Sliyeg Kabupaten Indramayu. Kedua Untuk mengkaji Apakah kemampuan anak dalam mendeklamasikan puisi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas II MI YAPIDA Tambi Kecamatan Sliyeg Kabupaten Indramayu bisa menjadi semakin meningkat melalui penerapan metode demonstrasi. Masalah ini dipecahkan melalui penerapan mendeklamasikan puisi dengan metode demontrasi. Melalui penerapan metode ini dipercaya dapat meningkatkan kemampuan belajar anak dalam belajar mendeklamasikan puisi. Adanya kepercayaan ini karena penggunaan metode demontrasi cocok untuk diterapkan kes siswa kelas II SD/MI, dimana mereka lebih mudah menerima dan merasa senang jika belajar dengan mempraktikan langsung dibanding belajar yang penuh dengan teori dan minim praktek. Penuntasan masalah ini dilakukan proses penelitian tindakan kelas. Karena hal tersebut merupakan permasalahan dalam kelas atau dalam pembelajaran. Proses penelitian ini dengan cara penentuan subjek dan tempat yakni 36 siswa MI YAPIDA Tambi Kecamatan Sliyeg Kabupaten Indramayu. Waktu penelitian dilaksanakan dari tanggal 16 Mei sampai 31 Juli 2013, desain penelitian yang digunakan adalah dengan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dengan menggunakan instrument lembar observasi dan lembar angket. Berdasarkan kriteria keberhasilan penelitian, bahwa penerapan mendeklamasikan puisi dengan metode demontrasi dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mempelajari puisi. Meningkatnya Kemampuan siswa ini dapat dilihat dari Siklus I yang mencapai nilai 51,6 dengan kategori sedang. Dan pada siklus II meningkat menjadi 70,5 dengan kategori baik. Jadi hipotesis yang diajukan berhasil, bahwa penerapan mendeklamasikan puisi dengan metode demontrasi dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mempelajari puisi.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 10 Apr 2017 04:44 |
Last Modified: | 10 Apr 2017 04:44 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1893 |
Actions (login required)
View Item |