RAGIL LILIYANI, (2015) PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEUNGGULAN KOMPETITIF UKM BATIK PADA KOPERASI BATIK BUDI TRESNA DESA TRUSMI KULON KECAMATAN PLERED KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
SKRIPSI RAGIL MEPI 2015 (WM BLM).pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
RAGIL LILIYANI, NIM : 14112210121. PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEUNGGULAN KOMPETITIF UKM BATIK PADA KOPERASI BATIK BUDI TRESNA DESA TRUSMI KULON KECAMATAN PLERED KABUPATEN CIREBON. Usaha kecil dan menengah (UKM) merupakan kelompok usaha yang paling dapat bertahan ketika krisis ekonomi melanda negeri ini. Namun demikian usaha kecil ini masih dipandang sebagai usaha yang lemah kinerjanya, sekalipun mereka tidak dapat melawan saingan mereka yang lebih besar dalam bidang pembiayaan, perusahaan-perusahaan kecil dapat saja menciptakan keunggulankeunggulan kompetitif melalui tindakan mengalahkan pesaing-pesaing mereka dalam bidang penciptaan dan berinovasi. Dari latar belakang di atas penulis membuat pertanyaan penelitian sebagai berikut: seberapa besar pengaruh orientasi pasar, inovasi produk terhadap keunggulan kompetitif, serta seberapa besar pengaruh orientasi pasar dan inovasi produk terhadap keunggulan kompetitif secara simultan maupun parsial. Adapun tujuan penelitiannya adalah: untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar, inovasi produk terhadap keunggulan kompetitif, serta untuk mengetahui besarnya pengaruh orientasi pasar dan inovasi produk terhadap keunggulan kompetitif secara simultan maupun parsial. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner/angket, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota Koperasi Batik Budi Tresna yang berjumlah 212 anggota, sampel yang diambil hanya 68 orang dari seluruh populasi dan penarikan sampel diambil secara acak (random sampling). Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji validitas, uji reliabilitas, teknik analisis data yang digunakan yaitu uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, analisis determinasi, dan pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji t dan uji f. Dari hasil penelitian diketahui bahwa variabel orientasi pasar (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan kompetitif (Y) dengan nilai thitung > dari ttabel yaitu 2,570 > 1,668 dengan taraf signifikansi 0,012 < 0,05, variabel inovasi produk (X2) tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keunggulan kompetitif (Y) dengan nilai thitung < ttabel yaitu 1, 531 < 1,668 dengan taraf signifikansi 0,131 > 0,05, dan secara simultan variabel orientasi pasar dan inovasi produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan kompetitif (Y) dengan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 4,586 > 3,14. Koefisien determinasi (R2) diperoleh sebesar 0,124 atau setara dengan 12,4%, artinya variasi dari keunggulan kompetitif dipengaruhi oleh faktor orientasi pasar (X1) dan inovasi produk (X2), sedangkan sisanya sebesar 87,6% dijelaskan oleh variabel lain selain dari variabel yang diteliti. Kata kunci : Orientasi Pasar, Inovasi Produk, dan Keunggulan Kompetitif
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 06 Jan 2017 06:57 |
Last Modified: | 12 Jun 2017 04:54 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/210 |
Actions (login required)
View Item |