KAYADI, (2015) PENGARUH EVALUASI ALTERNATIF PORTOFOLIO TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWAPADA PEMBELAJARAN IPS DI SMP NU KARANGANYAR INDRAMAYU. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
KAYADI IPS 2015 (wm blm).pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
KAYADI : Evaluasi merupakan bagian dari proses belajar mengajar yang secara keseluruhan tidak dapat dipisahkan dari kegiatan belajar mengajar. evaluasi pun memiliki berbagai model yang bisa digunakan dalam melakukan evaluasi dan salah satu satu model evaluasi tersebut adalah evaluasi alternatif portofolio yang semua itu besar – kecilnya memberi pengaruh terhadap motivasi belajar siswa,tetapi belum bisa memastikan berapa besar pengaruh tersebut. Dengan demikian kita dapat melihat seberapa besar pengaruh penerapan evaluasi alternatif portofolio terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPS di SMP NU Karanganyar Indramayu. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai : 1) penerapan evaluasi alternatif portofolio di SMP NU Kranganyar Indramayu. 2) Konsep motivasi belajar Siswa di SMP NU Kranganyar Indramayu. 3) Pengaruh penerapan evaluasi alternaatif portofolio Terhadap motivasi belajar Siswa. Motivasi adalah perubahan energi dalam diri (pribadi) seseorang yang ditandai dengan timbulnya perasaan dan reaksi untuk mencapai tujuan. Dengan mengamati faktor yang mempengaruhi motivasi tersebut diantaranya oleh penerapan evaluasi alternatif portofolio dalam hal ini yaitu diharapkan dapat diketahui seberapa besar pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, teknik pengumpulan data yaitu angket, wawancara dan observasi. Teknis analisis yang digunakan yaitu koefisien korelasi dan Product Moment, uji signifikansi dengan uji t, dan koefisien determinasi. Studi penelitian dilakukan pada siswa kelas VII di SMP NU Karanganyar Indramayu yang diterapkan evaluasi alternatif portofolio. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh yang cukup kuat antara penerapan evaluasi alternatif portofolio terhadap motivasi belajar siswa di SMP NU Kranganyar Indramayu, hal tersebut dibuktikan dengan data hasil pengolahan statistik bahwa diperoleh koefisien korelasi r = 0,48, setelah dikonfirmasikan dengan korelasi maka dikatakan cukup. Pada uji signifikansi melalui uji t, diperoleh thitung sebesar 3,05 dan ttabel sebesar 1,697. Dengan demikian thitung lebih besar daripada ttabel (3,05>1,697). Artinya terdapat pengaruh antara variabel X dengan variabel Y tetapi cukup kuat. Dan pada uji koefisien determinasi diperoleh nilai 23%. Hal ini menunjukan bahwa penerapan evaluasi alternatif portofolio terhadap motivasi belajar siswa kelas VII di SMP NU Kranganyar Indramayu sebesar 23% dan sisanya yaitu 77% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci : Penerapan, evaluasi alternatif portofolio, motivasi belajar Siswa, pembelajaran IPS.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 13 Apr 2017 03:14 |
Last Modified: | 13 Apr 2017 03:14 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2108 |
Actions (login required)
View Item |