PERBANDINGAN HASIL BELAJAR ANTARA METODE OBSERVASI BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DAN METODE KONVENSIONAL (CERAMAH) DI MTS AN-NUR KOTA CIREBON

Mukhamad Amin, (2015) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR ANTARA METODE OBSERVASI BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DAN METODE KONVENSIONAL (CERAMAH) DI MTS AN-NUR KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
mukhamad amin 58440912 (WM BELUM).pdf

Download (950kB) | Preview

Abstract

Mukhamad Amin : Berdasarkan pengamatan awal penulis pada PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) di SMPN 15 Kota Cirebon, penulis mendapatkan masalah tentang kurangnya keberhasilan siswa dalam pembelajaran IPS yang hanya mendapatkan nilai sebesar 50 tidak mencapai nilai KKM (75). Perbandingan hasil belajar antara metode observasi berbasis pendidikan karakter dan metode konvensional pada mata pelajaran ips yang dipelajari khususnya materi tentang perpajakan. Ketika siswa mendapat metode baru dari proses pembelajaran, maka siswa tersebut akan memiliki kreatifitas dalam proses belajar. Sehingga terjadi peningkatan hasil belajar dalam proses pembelajaran. Perbandingan hasil belajar antara metode observasi berbasis pendidikan karakter dan metode konvensional dilakukan dengan membagi 2 kelas , eksperimen dan control dengan materi tentang perpajakan. Penulis beranggapan bahwa penerapan metode observasi berbasis pendidikan karakter, khususnya pada materi pokok pajak dan retribusi sangatlah sesuai karena merupakan pembelajaran untuk peserta didik yang tidak hanya teori tetapi praktek yang membutuhkan interaksi dalam pembelajaran. Metode penelitian Eksperimen dan desain penelitian ini menggunakan Control Group Pretest and Posttest design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, dan angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji statistic meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan Independent Sample Test (uji t). Hasil belajar siswa dengan menerapkan metode observasi berbasis pendidikan karakter pada kelas eksperimen mengalami peningkatan yang ditunjukkan oleh rata-rata nilai gain sebesar 66.82 yang berarti mengalami peningkatan hasil belajar yang sangat baik. Hasil belajar siswa secara konvensional (ceramah) pada kelas kontrol diperoleh rata-rata nilai gain sebesar 39.10 % yang berarti mengalami peningkatan hasil belajar sedang. Berdasarkan uji t (hipotesis) Independent sample t test bahwa hasil perhitungan diperoleh nilai signifikansi 2 arah (2-tailed) adalah 0.000. nilai ini lebih kecil dari 0.05 sehingga hipotesis H0 ditolak dan Haditerima. Peningkatan hasil belajar siswa kelas yang menerapkan metode observasi lebih baik daripada peningkatan hasil belajar siswa dengan pembelajaran metode konvensional (ceramah). Berdasarkan pengolahan data hasil angket (kualitatif) siswa memberikan respon yang positif. Selain itu, pembelajaran juga berlangsung dengan baik dan soal-soal serta tugas yang diberikan oleh guru dikerjakan dengan baik dan sehingga hasilnya memuaskan. Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Observasi, Konvensional, Perbandingan

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 25 Apr 2017 06:40
Last Modified: 25 Apr 2017 06:40
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2112

Actions (login required)

View Item View Item