PERAN GURU IPS DALAM MEMBENTUK KARAKTER SOSIAL SISWADI SMPNEGERI 1 CIGANDAMEKAR KABUPATEN KUNINGAN

RITA PRIHATINI, (2015) PERAN GURU IPS DALAM MEMBENTUK KARAKTER SOSIAL SISWADI SMPNEGERI 1 CIGANDAMEKAR KABUPATEN KUNINGAN. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
RITA PRIHARTINIH IPS 2015(WM BLM).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

RITA PRIHATINI Mengingat karakter sosial siswa masa sekarang mengalami penurunan. Siswa cenderung acuh dan tidak memperdulikan apa yang terjadi di sekitarnya. Permasalahan ini menjadi tugas dari guru, orang tua, dan pemerintah. Lembaga sekolah, dalam hal ini guru mempunyai tugas dalam pembentukan karakter sosial siswa. Salah satunya adalah melalui peranan guru IPS dalam proses pembelajaran dan keteladanan di kelas atau di luar kelas agar siswa dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru IPS dalam membentuk karakter sosial siswa, faktor penghambat dan pendukung guru IPS dalam membentuk karakter sosial siswa, dan upaya guru IPS dalam membentuk karakter sosial siswa. Menurunnya nilai moral peserta didik menjadi sebuah masalah yang dihadapi pendidik dan menjadi tanggungjawab tenaga pendidikan, terutama guru IPS yang memiliki urgensi untuk membentuk karakter sosial siswa. Dalam hal ini guru IPS harus mampu menerapkan pendidikan berkarakter dalam pembelajaran IPS sehingga siswa memiliki karakter sosial dan mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menjelaskan tentang peran guru IPS dalam membentuk karakter sosial siswa di SMP Negeri 1 Cigandamekar Kabupaten Kuningan. Penelitian ini menggunakan teknik purpossive sampling yang menjadi subjek penelitian yaitu guru IPS, siswa, kepala sekolah, guru BK, guru PAI, guru bahasa inggris, dan guru pembina ekstrakurikurer. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa metode yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperiksa dengan teknik triangulasi yaitu triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menjelaskan tentang peran guru IPS dalam membentuk karakter sosial siswa adalah guru sebagai model atau teladan, informator, organisator, inspirator, motivator, fasilitator, dan evaluator. Faktor penghambat pembentukan karakter sosial dipengaruhi oleh faktor internal dan ekternal. Faktor internal meliputi tidak adanya motivasi dalam diri siswa, ada motif untuk mencari perhatian, dan ingin menjadi jagoan. Dan faktor ekternal adalah lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, pergaulan atau teman sebaya, guru, dan media masa (internet dan tayangan televisi). Sedangkan faktor pendukung pembentukan karakter sosial siswa dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi adanya motivasi dalam diri siswa, dan adanya motif untuk menjadi siswa teladan dan berprestasi. Dan faktor eksternal adalah lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, pergaulan atau teman sebaya, guru, iklim kultur sekolah, kegiatan ekstrakurikuler, dan kegiatan kultum (kuliah tujuh menit). Upaya guru IPS dalam membentuk karakter sosial siswa meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan ekstrakurikuler. Nilai-nilai yang dibentuk guru IPS kepada siswa adalah sikap hormat, tanggungjawab, jujur, toleransi, disiplin, peduli sesama, kerjasama, berani dan demokratis. Kata Kunci : Peran guru, IPS, pembentukan karakter sosial PENGESAHAN

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 25 Apr 2017 07:15
Last Modified: 25 Apr 2017 07:15
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2122

Actions (login required)

View Item View Item