PENGARUH PENGEMBANGAN BUDAYA KERJA GURU BERSERTIFIKASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH LEMAHABANG KABUPATEN CIREBON

SISKA DWI PRATIWI TRIANA, (2015) PENGARUH PENGEMBANGAN BUDAYA KERJA GURU BERSERTIFIKASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH LEMAHABANG KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
SISKA DWI.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

SISKA DWI PRATIWI TRIANA “Pengaruh Pengembangan Budaya Kerja Guru Bersertifikasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMP Muhammadiyah Lemahabang Kabupaten Cirebon”. Skripsi, Jurusan Tadris IPS Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon. Pembimbing : Dr. Nuryana, M.Pd. Ada tiga permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu (1) Pengembangan Budaya Kerja Guru Bersertifikasi (2) Prestasi Belajar Siswa, dan (3) hubungan Pengembangan Budaya Kerja Guru bersertifikasi dengan Prestasi Belajar Siswa. Oleh karena itu, penelitian ini berjudul “Pengaruh Pengembangan Budaya Kerja Guru Bersertifikasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMP Muhammadiyah Lemahabang Kabupaten Cirebon”. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan pengaruh pengembangan budaya kerja guru bersertifikas, (2) Mendeskripsikan prestasi belajar siswa, dan (3) Mengkaji Pengaruh Pengembangan Budaya Kerja Guru Bersertifikasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMP Muhammadiyah Lemahabang Kabupaten Cirebon. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Dalam penelitian ini, terdapat dua variabel, yaitu latar belakang pendidikan guru sebagai variabel bebas (X) dan kinerja guru sebagai variabel terikat (Y). Sistem Pendidikan Nasional, sesuai dengan yang tertuang dalam Undangundang No. 20 tahun 2003 tentang pendidik dan tenaga kependidikan berkewajiban (1) menciptakan suasana pendidikan yang bermakna, menyenangkan, kreatif, dinamis, dan dialogis, (2) mempunyai komitmen secara profesional untuk meningkatkan mutu pendidikan dan (3) memberi teladan dan menjaga nama baik lembaga, profesi, dan kedudukan sesuai dengan kepercayaan yang diberikan kepadanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Tempat penelitian dilaksanakan dan populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Muhammadiyah Lemahabang, Kabupaten Cirebon. Untuk dijadikan sample dalam penelitian ini peneliti mengambil sample 72 siswa dengan teknik sample random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket dan studi dokumentaasi. Hasil penelitian ini adalah kinerja guru tersertifikasi di SMP Muhammadiyah Lemahabang, Kabupaten Cirebon, belum sepenuhnya menunjukkan perubahan, karena (1) ditinjau dari kompetensi pedagogik guru menetapkan tujuan pembelajaran hanya berdasarkan silabus tanpa memperhatikan kebutuhan dan kondisi siswa, (2) ditinjau dari kompetensi kepribadian guru telah menjadi suri tauladan bagi siswa dan bisa memberi contoh sehingga siswa mempunyai janji untuk meningkatkan kedisplinan dalam dirinya. (3) ditinjau dari kompetensi profesional metode yang digunakan guru dalam mengajar masih menekankan pada ceramah, masih banyak sumber belajar yang kurang dimanfaatkan oleh guru seperti perpustakaan, koperasi sekolah, dll. (4) ditinjau dari kompetensi sosial guru telah mempunyai tanggung jawab atas profesinya sebagai seseorang yang dipandang cerdas yang mampu memberikan sumbangan pemikiran bagi masyarakat sekitarnya

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 25 Apr 2017 07:44
Last Modified: 25 Apr 2017 07:44
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2131

Actions (login required)

View Item View Item