SITI MASITOH, (2015) PENGARUH KEWIBAWAAN GURU TERHADAP SIKAP DISIPLIN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS VII DI MTs BINA CENDEKIA ASTANAJAPURA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
SITI MASITOH IPS 2015 (WM BELUM).pdf Download (12MB) | Preview |
Abstract
SITI MASITOH: Pendidikan merupakan rentetan perubahan dari suatu keadaan berikutnya, yakni dari tidak tahu menjadi tahu. Kewibawaan merupakan hal yang harus dimiliki guru. Di MTs Bina Cendekia Astanajapura Cirebon, siswa masih kurang disiplin, hal ini terbukti masih ada siswa yang kurang memperhatikan guru yang sedang menerangkan, terdapat siswa yang belum mengerjakan tugas dan siswa yang masih terlambat datang sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur : 1) kewibawaan guru dalam pembelajaran mata pelajaran IPS. 2) sikap disiplin siwa kelas VII. 3) pengaruh antara kewibawaan guru terhadap sikap disiplin siswa. Disiplin adalah kesadaran diri yang muncul dalam batin untuk mentaati peraturan, nilai dan hukum yang berlaku dalam satu lingkungant ertentu. Kewibawaan guru adalah adanya kekuatan dalam perkataan dan perbuatan seorang guru yang dapat menumbuhkan rasa sadar dari siswa untuk mengikuti dan menuruti apa yang diperintahkan dan dicontohkan oleh guru. Guru yang berwibawa akan mempengaruhi sikap disiplin siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data yaitu angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu koefisien korelasi Product Moment, uji signifikasi dengan uji t, koefisien determinasi, dan uji regresi. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII MTs Bina Cendekia Astanajapura Cirebon. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh atau korelasi yang lemah atau rendah antara kewibawaan guru dengan sikap disiplin siswa kelas VII MTs Bina Cendekia Astanajapura Cirebon. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengolahan data statistik diperoleh koefisien korelasi r = 0,314 (kategori lemah atau rendah). Pada uji signifikansi korelasi melalui uji t, diperoleh thitung sebesar 1,985 dan ttabel sebesar 1, 697 karena thitung≥ttabel maka Ho ditolak, artinya terdapat hubungan yang signifikan antara variabel X dengan variabel Y adalah nyata pada taraf signifikan 95% (taraf kesalahan 5%). Pada uji koefisien determinasi diperoleh nilai 9,85%. Artinya kontribusi kewibawaan guru dalam menjelaskan keragaman sikap disiplin siswa sebesar 9,85% dan sisanya 90,15% dijelaskan faktor lain. Hasil uji regresi linier adalah Fhitung = 4,02 dan Ftabel = 4,11 dimana Fhitung ≤ Ftabel, maka diterima Ho dan tolak Ha artinya tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara kewibawaan guru dengan sikap disiplin siswa kelas VII MTs Bina Cendekia Astanajapura Cirebon pada taraf kesalahan 5%. Kata kunci:Pengaruh, Kewibawaan Guru, SikapDisiplinSiswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 25 Apr 2017 07:49 |
Last Modified: | 25 Apr 2017 07:49 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2133 |
Actions (login required)
View Item |