RIA NUR WULANDARI, (2015) UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI MTs SAINS AL-HADID KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
Skripsi Ria pdf.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
RIA NUR WULANDARI: Belajar merupakan kegiatan yang berproses dan juga merupakan unsur yang sangat fundamental dalam setiap penyelanggaraan jenis dan jenjang pendidikan. Ini berarti bahwa berhasil atau gagalnya pencapaian tujuan pendidikan itu amat bergantung pada proses belajar yang dialami siswa, baik ketika ia berada di dalam sekolah maupun di lingkungan rumah atau keluarga sendiri. Sedangkan yang namanya kesulitan belajar itu merupakan kondisi proses belajar yang ditandai oleh hambatan-hambatan tertentu untuk mencapai kesuksesan. Adapun penelitian ini bertujuan untuk menelaah lebih jauh mengenai upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran IPS di MTs Sains Al-Hadid Kota Cirebon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran IPS yang meliputi masalah-masalah yang dihadapi siswa, faktor-faktor penyebab kesulitan belajar, dan upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar. Kesulitan belajar tidak selalu disebabkan karena faktor intelligensi yang rendah (kelainan mental), akan tetapi dapat juga disebabkan karena faktor lain di luar intelligensi. Dengan demikian, IQ yang tinggi belum tentu menjamin keberhasilan belajar. Dapat dikatakan bahwa kesulitan belajar adalah suatu kondisi proses belajar yang ditandai hambatan-hambatan tertentu dalam mencapai hasil belajar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan pemberian angket kepada seluruh siswa kelas VII & VIII. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang berjumlah 48 dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di MTs Sains Al-Hadid yaitu untuk masalah yang dihadapi siswa pada mata pelajaran sejarah dinilai kurang baik yaitu 35,20%. Sedangkan faktor yang mengakibatkan siswa mengalami kesulitan belajar pada mata pelajaran sejarah dinilai rendah yaitu 30,20%. Dan upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran sejarah dinilai cukup baik yaitu 43,64%. Kata Kunci : Upaya Guru, Kesulitan Belajar, Mata Pelajaran Sejarah
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 25 Apr 2017 07:57 |
Last Modified: | 25 Apr 2017 07:57 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2136 |
Actions (login required)
View Item |