YULIA JANNAH, (2015) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) TERPADU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 4 PALIMANAN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
SKRIPSI.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
YULIA JANNAH: Berdasarkan studi awal yang dilakukan di SMP Negeri 4 Palimanan diperoleh inforamasi bahwa porses pembelajaran IPS banyak ditemukan siswa yang ngobrol sendiri, bergurau, melamun, dan ada pula yang keluar kelas pada saat proses pembelajaran berlangsung ketika guru sedang menerangkan materi di kelas menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan diskusi. Pada prosesnya pembelajarannya pun guru masih bersifat menonton, guru hanya mengandalkan sumber dari buku saja dan media pun tidak di manfaatkan seperti proyektor maupun media yang lainnya pada saat proses pembelajaran berlangsung. Tetapi masih ada saja siswa yang tidak berperan aktif, dan tidak mau mengungkapkan pendapatnya dalam suatu proses pembelajaran tersebut. Sehingga kurangnya motivasi siswa dalam pembelajaran terutama pembelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran IPS terpadu dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, untuk mengetahui prestasi pembelajaran IPS terpadu dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, dan untuk mengetahui faktor yang pendorong dan penghambat pelaksanaan pembelajaran IPS terpadu dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Implementasi pembelajaran IPS terpadu tidak lepas dari guru dan siswa. Guru menyampaikan proses belajar mengajar pembelajaran IPS terpadu kepada siswa, di dalam proses belajar mengajar pembelajaran IP terpadu adanya faktor mendorong dan menghambat. Kemudian guru mengukur prestasi belajar siswa dan siswa mengetahui seberapa prestasi belajar selama mengikuti proses pembelajaran. Penelitian dalam skripsi ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan angket. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 4 Palimanan Kabupaten Cirebon. Teknik analisis data disini mengumpulkan data dengan menggunakan skala prosentase. Hasil penelitian di SMP Negeri 4 Palimanan implementasi pembelajaran IPS terpadu masih menggunakan metode konvensional yaitu metode ceramah dan Tanya jawab sehingga prestasi belajar siswa belum mencapai KKM (75,00), siswa masih mendapat prestasi 43,6 sebelum melakukan remedial. Namun setelah melakukan remedial prestasi belajar siswa meningkat mencapai KKM (75,00). Dengan demikian dapat simpulkan bahwa prestasi belajar siswa dapat dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal meliputi faktor fisiologis, faktor psikologis, keluarga, guru, siswa, lingkungan, dan sarana prasarana. Kata kunci : implementasi, pembelajaran IPS terpadu, prestasi belajar siswa
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 25 Apr 2017 08:00 |
Last Modified: | 25 Apr 2017 08:00 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2137 |
Actions (login required)
View Item |