TAOPIK HDAYAT, (2015) PERAN SISTEM MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK (Studi Kasus di SMP Negeri 2 Cilimus Kabupaten Kuningan Jawa Barat). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Other
TAOPIK HIDAYAT (WM BLM).PDF Download (24MB) | Preview |
Abstract
TAOPIK HDAYAT Salah satu sarana dalam menunjang proses belajar dan mengajar di sekolah adalah perpustakaan. Perpustakaan sekolah dewasa ini bukan hanya merupakan unit kerja yang menyediakan bacaan guna menambah pengetahuan dan wawasan bagi murid, tapi juga merupakan bagian integral pembelajaran dan sebagai wahana menumbuhkan tingkat minat baca peserta didiknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data tentang sistem manajemen perpustakaan di SMP Negeri 2 Cilimus Kabupaten Kuningan, untuk mengetahui seberapa besar minat baca peserta didik di SMP Negeri 2 Cilimus Kabupaten Kuningan, dan untuk mengetahui besarnya peran manajemen perpustakaan dalam meningkatkan minat baca peserta didik. Penelitian ini dibuat dari pemikiran pentingnya peran manajemen di dalam sebuah perpustakaan mempunyai kedudukan penting dalam meningkatkan minat belajar peserta didik terutama dalam minat baca. Data yang dibutuhkan dalam penyusunan skripsi ini ada dua, pertama data teoritik yang diperoleh dari sejumlah buku atau literarur lainnya yang berkaitan untuk dijadikan sumber rujukan, kedua data empirik yang diperoleh melalui terjun langsung ke objek penelitian dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi Kesimpulan dari penelitian ini bahwa peran sistem manajemen perpustakaan dalam meningkatkan minat baca peserta didik sangatlah penting, tanpa adanya upaya yang dilakukan dan peran serta guru yang bersangkutan, kualitas minat baca peserta didik sangatlah rendah. Upaya yang dilakukan intensif dari pihak perpustakaan diantaranya adalah sistem pengorganisasian yang baik, pengembangan koleksi buku-buku dan peningkatan tata ruang perpustakaan yang baik dan nyaman. Sedangkan dari pihak guru mata pelajaran itu sendiri adalah guru merangsang minat baca peserta didik dengan cara pemberian tugas-tugas. Dari hasil wawancara dengan cara ini secara tidak langsung minat baca peserta didik di SMP Negeri 2 Cilimus mengalami peningkatan. Kata Kunci : Sistem manajemen perpustakaan, minat baca, kualitatif
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 25 Apr 2017 08:08 |
Last Modified: | 25 Apr 2017 08:08 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2140 |
Actions (login required)
View Item |