TARWIN MAHARUDIN, (2015) UPAYA KOMITE MADRASAH DALAM MENUNJANG PROSES BELAJAR MENGAJAR UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MTs ARIFIN BILLAH KARANGSARI CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
TARWIN MAHARUDIN (WM BLM).pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
TARWIN MAHARUDIN : Komite madrasah merupakan suatu organisasi masyarakat Madrasah yang mempunyai komitmen dan loyalitas serta peduli terhadap peningkatan kualitas Madrasah. Komite madrasah yang dibentuk dapat dikembangkan secara khas dan berakar dari budaya, demografis, ekologis, nilai kesepakatan, serta kepercayaan yang dibangun sesuai potensi masyarakat setempat. Sesuai dengan latar belakang masalah dan rumusan yang tersebut di atas maka pembahasan ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui proses belajar mengajar dan mutu pendidikan di MTs.Arifin Billah Karangsari Cirebon. (2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat dalam menunjang proses belajar mengajar dan meningkatkan mutu pendidikan di MTs. Arifin Billah Karangsari Cirebon. (3) Untuk mengetahui usaha-usaha komite madrasah dalam menunjang proses belajar mengajar dan meningkatkan mutu pendidikan di MTs. Arifin Billah Karangsari Cirebon. Komite Madrasah dalam upaya meningkatkan mutupen didikan di MTs. Arifin Billah Karangsari Cirebon, dilaksanakan dengan mengoptimalkan empat peran komite Madrasah, yakni: Komite Madrasah bertindak sebagai pemberi pertimbangan (advisory agency) pendukung (supporting agency) pengontrol (controlling agency) dan mediator (mediator agency). Penelitian tentang peran komite Madrasah ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif yang dimaksud adalah penelitian untuk memahami implementasi metode pendidikan yang dihubungkan dengan teori-teori yang berkenaan dengan hal tersebut, berdasarkan pada penciptaan gambaran holistik yang lengkap yang terbentuk dengan kata-kata, melaporkan pandangan informan secara rinci dan disusun dalam sebuah latara alamiah. Peran serta komite madrasah sudah ada semenjak berdirinya MTs. Arifin Billah Karangsari Kabupaten Cirebon, dan pelaksanaannya tergolong baik. Hal ini dapat dibuktikan dari beberapa program keagamaaan madrasah yang muncul dari komite madrasah. Pengelolaan proses dijalankan Komite Madrasah MTs. Arifin Billah Karangsari Kabupaten Cirebon dalam meningkatkan mutu pendidikan, sudah cukup baik. Karena dalam prosesnya telah melalui proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. Proses perencanaan program kerja Komite Madrasah diwujudkan dalam bentuk rencana, pengorganisasian yang dilakukan Komite Madrasah dimaksudkan untukmendelegasikan wewenang dan tanggungjawab kepada anggota kedalam program-program tertentu, pelaksanaan program kerja Komite Madrasah telah sesuai rencana yang ditetapkan, dan evaluasi dilakukan untuk menilai program kerja yang telah terlaksana apakah sudah sesuai dengan rencana. Kata Kunci : Komite Madrasah, Belajar Mengajar, Mutu Pendidikan
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 26 Apr 2017 02:00 |
Last Modified: | 26 Apr 2017 02:00 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2141 |
Actions (login required)
View Item |