GAGASAN DANAH ZOHAR DAN IAN MARSHALL TENTANG KECERDASAN SPIRITUAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

UCUP SUPRIADI, (2015) GAGASAN DANAH ZOHAR DAN IAN MARSHALL TENTANG KECERDASAN SPIRITUAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
Ucup Supriadi T. IPS .pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

UCUP SUPRIADI : Masih adanya krisis makna atau persoalaan nilai yang dirasakan oleh peserta didik dalam pembelajaran membuat siswa kurang memaknai arti dari pembelajaran, sebagian besar siswa hanya mementingkan kecerdasan intelektual, misalnya akhir dari pembelajaran hanya memikirkan nilai dan hasil saja, tanpa memaknai pembelajaran itu sendiri, maka dampak dari kurang seimbangnya kecerdasan akan menimbulkan rasa ego. Maka dari itu harus adanya kecerdasan spiritual sebagai kecerdasan yang mengaktifkan antara kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui relevansi implementasis antara kecerdasan spiritual Danah Zohar dan Ian Marshal dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Kecerdasan spiritual adalah kecerdasan yang mengaktifkan kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional, disamping dengan adanya implementasi dari kecerdasan spiritual yang berdampak timbulnya kesadaran dari diri siswa maka dari situ akan tercipta motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu mengenai konsep kecerdasan spiritual, yang menggabungkan tiga kecerdasan dasar manusia yaitu, rasional (IQ), emosional (EQ) dan spiritual (SQ) Danah Zohar dan Ian Marshal dalam meningkatkan motivasi belajar pada siswa, dimana pengumpulan dan analisis data dilakukan dengan metode library research. Pada penelitian ini bahwa kecerdasan spiritual sebagai kecerdasan tertinggi manusia yang memfungsikan kecerdasan intelektual dan kecerdasan Emosional secara efektif, sehingga akan timbul kesadaran dari peserta didik untuk meningkatkan motivasi belajar. Dalam implementasinya Danah Zohar dan Ian Marshall menawarkan enam jalan kecerdasan spiritual, antara lain: 1) melalui jalan tugas; 2) melalui jalan pengasuhan; 3) melalui jalan pengetahuan; 4) melalui jalan perubahan pribadi (kreativitas); 5) melalui jalan persaudaraan; 6) melalui jalan kepemimpinan yang penuh pengabdian. Serta dalam meningkatkan kecerdasan spiritual dalam lingkungan sekolah harus adanya peran bimbingan dan konseling, dalam hal ini adalah konselor sebagai pembimbing menjadi faktor penting dalam proses pengembangan kecerdasan spiritual untuk meningkatkan motivasi belajar. Kata Kunci : Kecerdasan Spiritual, Motivasi Belajar, Siswa

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 26 Apr 2017 02:13
Last Modified: 26 Apr 2017 02:13
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2145

Actions (login required)

View Item View Item