HUBUNGAN METODE PENGAJARAN DIRECTIVE DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VII MTs-SA BAETURRAHMAH KECAMATAN CINGAMBULKABUPATENMAJALENGKA

WIWIN NURUL HUDAWIYAH, (2015) HUBUNGAN METODE PENGAJARAN DIRECTIVE DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VII MTs-SA BAETURRAHMAH KECAMATAN CINGAMBULKABUPATENMAJALENGKA. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
WIWIN NURUL HUDAWIYAH IPS 2015 (WM BLM).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

WIWIN NURUL HUDAWIYAH : Penelitian ini dilatar belakangi bahwa setelah dilakukan proses pembelajaran dengan metode pengajaran directive diasumsikan dapat berfirngsi sebagai alternatif untuk mendorong siswa lebih termotivasi yang ditandai dengan meningkatnya minat untuk aktifitas belajar IPS. Namun realitasnya setelah diterapkannya metode pengajaran directive di MTs-SA Baeturrahmah pada mata pelajaran IPS Terpadu ternyata belum memberikan dorongan gairah serta motivasi larat bagi sebagian siswa. Hal ini ditandai dengan masi[r adanya sebagian siswa yang malas belajar, jarang mengerjakan tugas, kurang semangat dan mengantuk pada saat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode pengajaran directi.ve pada mata pelajaran IPS di MTs-SA Baeturrahmah Cingambul Majalengk4 mendeskripsikan bagaimana motivasi belajar sisw4 dan mengkaji sebarapa besar hubungan metode pengajaran directive dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajarn IPS di MTs-SA Baeturrahmah Cingambul Majalengka, Metode pengajaran directive diorientasikan pada pengajaran secara langsung, dimana para siswa didorong untuk aktif dan kreatif dalam kegiatan belajar mengajar dengan panduan dan arahan guru. Kemampuan guru dalam mengelola kelas dan menyampaikan materi pembclajaran merupakan salah satu kekuatannya- Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif.Metodologi yang digunakan yaitu pendekatan empirik dan teoritik.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wa-\ilancara angkaet dan dokumentasi. Sampel penelitian ini berjumlah 30 orang. lnstmment yang digunakan adalah angket metode pengajaran directive sebanyak l0 item, dan begitupun motivasi belajar siswa Analisis dilakukan dengan menggunakan uji korelasi perason product moment. Hasil penelitian menuqiukan bahwa terdapat hubungan yang signifftan peneftrpan metode pengajaran directive dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS, yang mana penerapan metode pengajaran directive sebagian besar 73.81% berkeriteria cukup tinggr, motivasi belajar siswa sebesar 66.67Yo dengan kriteria baik dan korelasi penerapan metode pengajaran directive dengan motivasi belajar siswa yaitu sebesar- 0.97 dengan kriteria kategori kuat atau tinggi. Sehingga dapat dikatakan terdapat hubungan yang signifikan antara penerapan metode pengajaran directive dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VII MTs-SA Baeturrahmah Cingambul Kabupaten Majalengka.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 26 Apr 2017 02:30
Last Modified: 26 Apr 2017 02:30
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2151

Actions (login required)

View Item View Item