HUBUNGAN KEPERGIAN IBU MENJADI TKW DENGAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTs RABITATUL ‘ULUM KRANGKENG INDRAMAYU

AKHMAD MUJANI, (2013) HUBUNGAN KEPERGIAN IBU MENJADI TKW DENGAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTs RABITATUL ‘ULUM KRANGKENG INDRAMAYU. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AKHMAD MUJANI_14106210025_ok-min.pdf

Download (504kB) | Preview

Abstract

Bimbingan orang tua dirumah sangat dibutuhkan anak untuk meraih prestasi yang baik di sekolah. Namun dalam kenyataan banyak keluarga di indonesia yang seharusnya anak-anak mendapat kasihsayang, bimbingan dan pendidikan dari orang tua, mereka tidak mendapatkanya, karena ditinggal oleh ibu untuk bekerja di luar negeri sebagai TKW. Akibatnya berdampak buruk pada kegiatan belajar di sekolah. Motivasi dan Prestasi dalam belajar merekah rendah. Apakah kepergian Ibu menjadi TKW ke luar negeri berhubungan dengan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa MTs Rabithatul ‘Ulum Krangkeng Indramayu menjadi TKW? Bagaimana respon siswa MTs Rabithatul ‘Ulum Krangkeng Indramayu menjadi TKW? Bagaimana motivasi dan prestasi belajar Siswa MTs Rabithatul ‘Ulum Krangkeng Indramayu menjadi TKW? Bagaimana hubungan kepergian ibu menjadi TKW dengan motivasi dan prestasi belajar siswa di MTs Rabithatul ‘Ulum Krangkeng Indramayu? Motivasi dan prestasi terpengaruh oleh kondisi psikologis siswa. Situasi pribadi terutama emosional yang dihadapi siswa-siswa tertentu. Pertentangan yang dialami, situasi kekecewaan (prustasi), kesedihan, situasi dalam keluarga yang kurang mendukung situasi belajar, kekacauan rumah tangga, kurang perhatian orang tua dan sebagainya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan respon siswa MTs Rabithatul ‘Ulum Krangkeng yang ibunya menjadi TKW. Untuk menjelaskan motivasi dan prestasi belajar siswa MTs Rabithatul ‘Ulum yang ibuya pergi menjadi TKW. Untuk membuktikan hubungan kepergian ibu menjadi TKW dengan motivasi dan prestasi belajar siswa di MTs Rabithatul ‘Ulum Krangkeng Indramayu. Teknik penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, observasi, angket yang disebarkan pada siswa yang ditinggal pergi oleh ibunya menjadi TKW. Sampel penelitian adalh siswa yang ditinggal pergi oleh ibunya menjadi TKW tahun pelajaran 2012-2013 yang berjumlah 42 siswa. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini membuktikan bahwa respon siswa MTs Rabithatul ‘Ulum Krangkeng Indramayu terhadap terhadap kepergian ibunya menjadi TKW rata-rata (61,08%) menanggapi negatif. Para siswa sebetulnya tidak mendukung ibunya menjadi TKW. Sebagian besar (58,325 ) tidak mendapat perhatian orang tua , dan rata-rata mereka tidak memiliki semangat belajar bahkan cenderung malas. Hubungan kepergian ibu menjadi TKW dengan motivasi belajar dan prestasi belajar siswa cukup segnifikan (0,79). Artinya kepergian ibu menjadi TKW terkait dengan motivasi dengan motivasi dan prestasi belajar siswa. Semakin banyak ibu yang pergi menjadi TKW kemungkinan akan semakin banyak yang motivasi dan prestasi belajarnya rendah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Psikologi Pendidikan Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 27 Apr 2017 02:50
Last Modified: 07 Jun 2017 04:29
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2189

Actions (login required)

View Item View Item