PERANAN IKLIM KOMUNIKASI DALAM MOTIVASI KERJA DEWAN GURU (ASATIDZ & ASATIDZAH) DI PONDOK PESANTREN

Ahmad Nasir, (2016) PERANAN IKLIM KOMUNIKASI DALAM MOTIVASI KERJA DEWAN GURU (ASATIDZ & ASATIDZAH) DI PONDOK PESANTREN. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AHMAD NASIR-min.pdf

Download (413kB) | Preview

Abstract

Ahmad Nasir : NIM : 14104110003 Peranan Iklim Komunikasi Dalam Motivasi Kerja Dewan Guru (Asatidz & Asatidzah) di Pondok Pesantren (Studi Kasus di Pondok Pesantren At- Tarbiyyah Dusun Cisapi Desa Natanegara Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis). Penelitian ini adalah sebuah kajian tentang iklim komunikasi kelompok dan organisasi terhadap motivasi kerja dewan guru (asatidz & asatidzah) di pondok pesantren. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Upaya Pimpinan Pondok Pesantren At-Tarbiyyah dalam memotivasi kinerja para Asatidz. 2) Mengetahui peranan iklim komunikasi dalam motivasi kerja asatidz di Pondok Pesantren At–Tarbiyyah. Untuk menggali penelitian ini, peneliti menggunakan Metode Penelitian Kualitatif dengan Pendekatan Studi Kasus Deskritif. Teknik Pengumpulan Data dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Analisis data dengan prosedur sebagai berikut : 1) Melakukan pemilahan dan penyusunan klasifikasi data, 2) Melakukan penyuntingan data dan pemberian kode, 3) Melakukan konfirmasi data yang memerlukan verifikasi data dan pendalaman data, dan 4) Melakukan analisis data sesuai dengan konstruksi pembahasan hasil penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, pembahasan dan interpretasi yang telah diuraikan pada bab-bab sebelumnya, dengan mengacu pada beberapa teori dan hasil penelitian sebelumnya, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : a) Upaya yang dilakukan Pimpinan Pondok Pesantren At-Tarbiyyah dalam memotivasi kinerja para Asatidz adalah sebagai berikut : 1) Memotivasi para Asatidz dengan membangun kepuasan, 2) Motivasi Asatidz melalui apresiasi, 3) Motivasi Asatidz Melalui Inspirasi, 4) Motivasi Asatidz Melalui Kompensasi, 5) Mendegarkan ide-ide baru Asatidz, 6) Memelihara hubungan sosial yang baik, 7) Membantu merencanakan karier Asatidz, 8) Mendorong Asatidz untuk terus belajar dan berkembang, 9) Memberi insentif atau bonus yang adil. b) Peran Iklim Komunikasi Organisasi dalam memotivasi Kinerja Asatidz, sebagaimana hasil penelitian bahwa : 1) Pimpinan, Pengasuh, Ketua Yayasan, Asatidz di Pondok Pesantren At-Tarbiyyah mayoritas mengakui bahwa iklim komunikasi organisasi dan motivasi kerja pimpinan dalam mewujudkan misi lembaga (Pondok Peantren) sangat ditentukan dengan adanya iklim komunikasi yang kondusif. 2) Mayoritas informan mengakui bahwa iklim komunikasi di lingkungan kerja merupakan salah satu faktor yang cukup berpengaruh terhadap kinerja atau motivasi kerja. Iklim komunikasi yang kondusif dan menyenangkan akan berimplikasi positif terhadap meningkatnya motivasi kerja dalam mendukung terwujudnya tekad lembaga (Pondok Pesantren) dengan berpedoman pada aturanaturan juklak juknis yang dimiliki oleh Pondok Pesantren At-Tarbiyyah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 28 Apr 2017 03:30
Last Modified: 23 Sep 2021 07:37
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2312

Actions (login required)

View Item View Item