Mulyaningsih, Indrya (2015) SASTRA ANAK Pengembangan Kreativitas Melalui Puisi dan Pantun. In: SASTRA ANAK Pengembangan Kreativitas Melalui Puisi dan Pantun. Nurjati Press, pp. 1-157. ISBN 978-602-30744-10-19
|
Text
Sastra Anak.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Karya sastra merupakan hasil pemikiran yang sangat kompleks. Selain keindahan, sastra juga mampu memberikan berbagai nilai, seperti pengetahuan dan pembiasaan membaca. Anak-anak seperti halnya orang dewasa memerlukan sarana untuk menyampaikan isi hati. Sastra ini kemudian dikenal dengan sastra anak. Sastra anak dapat berupa cerita, puisi, dan pantun. Namun demikian, tidak semua karya sastra dapat disebut sebagai sastra anak. Sastra anak memberikan ruang yang sangat luas kepada anak-anak untuk berkreasi dan berimajinasi. Menyitir pendapat Albert Einstein bahwa pendidikan seharusnya membuat siswanya untuk mampu berimajinasi. Hal ini karena imajinasi merupakan sumber dari kreativitas. Oleh karena itu, sedari dini anak-anak perlu diberi materi sastra. Buku ini berusaha menguraikan berbagai hal yang terkait dengan sastra anak, baik pengertian, macam, analisis, maupun contohnya. Selain itu, buku ini juga memberikan rambu-rambu terhadap pemilihan sastra yang baik. Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan dalam memilih sastra anak. Kesalahan dalam memilih dapat menyebabkan ketidak-berhasilan tujuan pembelajaran. Semoga keterbatasan buku ini tidak mengurangi kebermanfaatan yang dapat dipetik oleh seluruh pembaca. Tak lupa saran dan masukan sangat penulis harapkan. Akhir kata, salam kreativitas!
Item Type: | Book Section |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Tadris Bahasa Indonesia |
Date Deposited: | 03 May 2017 06:21 |
Last Modified: | 03 May 2017 06:21 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2460 |
Actions (login required)
View Item |