PERBANDINGAN MANAJEMEN PENDIDIKAN AKHLAK PERSPEKTIF IBNU MISKAWAIH DAN IBNU ATHAILLAH RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM

Rafik Abdilah, (2011) PERBANDINGAN MANAJEMEN PENDIDIKAN AKHLAK PERSPEKTIF IBNU MISKAWAIH DAN IBNU ATHAILLAH RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
MPI-116010010 - Abstraksi.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Rafik Abdilah : Perbandingan Manajemen Pendidikan Akhlak Perspektif Ibnu Miskawaih dan Ibnu ‘Athaillah Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam Abu Ali Ahmad Ibnu Muhammad terkenal dengan nama Ibnu Miskawaih, adalah seorang filosof muslim dan orang yang representatif dalam bidak akhlak dalam Islam. Beliau Banyak menyumbangkan pemikiran serta karya-karyanya yang monumental tentang filsafat etika. Walau banyak dipengaruhi oleh dunia asing, terutama Yunani, namun usahanya sangat berhasil dalam melakukan harmonisasi antara pemikiran filsafat dan pemikiran Islam, terutama dalam bidang akhlak. Berbeda dengan Ibnu ‘Athaillah, beliau seorang ahli tasawuf dan guru ketiga yang disegani dalam Tarekat Syadziliyah. Dalam membentuk akhlak yang mulia beliau lebih memilih hati sebagai media dalam menata akhlak. Menurutnya, hati merupakan kunci dari segala keselamatan dan dalam menghindari kecelakaan bagi manusia. Tergantung seseorang mau diarahkan kemana hati tersebut, apakah menuju kebaikan atau keburukan. Masalahnya sejauh mana “Perbandingan Manajemen Pendidikan Akhlak Perspektif Ibnu Miskawaih dan Ibnu ‘Athaillah Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam” Tujuan dalam penelitian ini untuk Membandingan Manajemen Pendidikan Akhlak perspektif Ibnu Miskawaih dan Ibnu’Athaillah Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam Metodologi dalam peneitian ini termasuk penelitian normatif kualitatif, karena penelitian ini dilakukan untuk mencari, menganalisa, membuat interpretasi serta generalisasi dari hasil pemikiran dan ide-ide yang ditulis oleh para pemikir dan ahli. Penelitian ini terfokus pada penelitian kepustakaan (library Research) sebagai landasan dasar dan alat utama dalam penelitian. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Perbandingan manajemen Pendidikan Akhlak Perspektif Ibnu Miskawaih dan Ibnu ‘Athaillah pada dasarnya dalam pandangan kedua tokoh tersebut sama-sama menerapkan perencanaan dan pengorganisasian. Dasar pendidikan akhlak bersandar pada syari’at agama dalam ibadah maupun amaliyah hingga mencapai kebaikan dan kebahagiaan yang hakiki. Perbedaan pandangan kedua tokoh tersebut terletak pada pandangan Ibnu Miskawaih dengan manajemen akal dan Ibnu Athaillah dengan manajemen hati tetapi keduanya relevan dengan tujuan pendidikan agama Islam.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 03 May 2017 01:27
Last Modified: 03 May 2017 01:27
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2480

Actions (login required)

View Item View Item