PENGARUH KUALITAS MAHASISWA DAN PENCITRAAN LEMBAGA TERHADAP ANIMO MAHASISWA BARU ( Studi Kasus Pada Program D.III Perhotelan UNTAG Cirebon)

Warjo, (2011) PENGARUH KUALITAS MAHASISWA DAN PENCITRAAN LEMBAGA TERHADAP ANIMO MAHASISWA BARU ( Studi Kasus Pada Program D.III Perhotelan UNTAG Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
MPI-116010011 - Abstraksi.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Warjo : Pengaruh Kualitas Mahasiswa dan Pencitraan Lembaga terhadap Animo Mahasiwa Baru ( Studi Kasus Pada Program D.III Perhotelan UNTAG Cirebon) Masalah animo mahasiswa baru sangat urgen diperhatikan oleh pengelola pendidikan di perguruan tinggi. Karena animo subyektif mahasiswa berimplikasi pada jumlah mahasiswa yang masuk kuliah di Prodi Manajemen Perhotelan UNTAG Cirebon. Lembaga untuk mempertahankan kelangsungan hidup berusaha semaksimal mungkin untuk melakukan peningkatan kualitas mahasiswa dan pencitraan lembaganya, namun hasilnya masih cukup rendah mahasiswa yang masuk di Prodi Manajemen Perhotelan UNTAG Cirebon. Apakah ada pengaruh kurangnya mahasiswa prodi D.III Perhotelan UNTAG Cirebon dengan kualitas mahasiswa dan pencitraan lembaga. Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1) Menemukan data tentang pengaruh kualitas mahasiswa terhadap animo mahasiswa baru pada Prodi D.III Perhotelan UNTAG Cirebon; 2) Menemukan data tentang pengaruh pencitraan lembaga pada Prodi Manajemen Perhotelan UNTAG Cirebon; 3) Menemukan data pengaruh kualitas mahasiswa dan pencitraan lembaga terhadap animo mahasiswa baru pada Prodi D.III Perhotelan UNTAG Cirebon. Hasil penelitian ditemukan bahwa besarnya pengaruh secara simultan antara kualitas mahasiswa (X1),dan pencitraan lembaga (X2) terhadap animo mahasiswa baru (Y) sebesar = R2 x 100% atau 0, 642 2 x 100% = 50,69 % sedangkan sisanya 49,31 % ditentukan oleh variabel lain. Kemudian mengenai naik turunya atau besar kecilnya pencitraan lembaga dapat diprediksi melalui persamaan regresi Y =.134,32+.0,00025X1+,- 0,0013X2. Berdasarkan kerangka pemikiran bahwa kualitas mahasiswa dan pencitraan lembaga berpengaruh terhadap animo mahasiswa baru. Dengan demikian, animo mahasiswa baru akan positif terbentuk dan mengalami peningkatan secara optimal bila kualitas mahasiswa dan pencitraan lembaga dilakukan sesuai persepsi para ahli yang berkompeten dibidangnya melalui teori yang telah diujikan. Metode survey deskriptif veirifikasi, dengan sampel 50 mahasiswa, menggunakan analisis korelasional dan analisis regresi Penelitian ini dapat disarankan sebagai berikut; 1) Kegiatan proses belajar mengajar yang dilakukan oleh Prodi Manajemen Perhotelan UNTAG Cirebon agar lebih ditingkatkan dalam kualitas kecerdasa mahasiswanya dan menerapkan kebijakan biaya pendidikan terjangkau mahasiswa pada masyarakat Wilayah III Cirebon dapat diagendakan berkelanjutan, sehingga animo mahasiswa baru dalam masa penerimaan mahasiswa baru terbentuk brand image selalu tertanam pada masyarakat, akhirnya dapat mendorong minat mahasiswa untuk memilih pendidikan di Prodi Manajemen Perhotelan UNTAG Cirebon.2) Sebaiknya lembaga lebih focus pada dominasi kekuatan luar yang mempengaruhi organisasi lembaga pendidikan seperti faktor social kultur budaya Kota Cirebon, sebagai kota walinya dengan pendekatan nilai-nilai agama islam secara universal. 3) Karena ada beberapa perguruan tinggi swasta yang memiliki program studi yang sama, sebaiknya lembaga mengatur strategi promosi lebih kreatif dan dapat bersaing dengan kompetitor, sehingga diharapkan dapat meningkatkan jumlah mahasiswa baru sesuai dengan target.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 03 May 2017 01:29
Last Modified: 03 May 2017 01:29
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2481

Actions (login required)

View Item View Item