ABDULAH ZEN, (2011) DAMPAK MANAJEMEN PENDIDIKAN TERHADAP MINAT BELAJAR DAN PENDIDIKAN KEBERAGAMAANSISWA DI MDA AL MUTTAQIEN KEDUNGDAWA KEDAWUNG CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
MPI-116010023 - Abstraksi.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABDULAH ZEN, NIM. 505810025, “Dampak Manajemen Pendidikan terhadap Minat Belajar dan Pendidikan Keberagamaan Siswa di MDA Al-Muttaqien Kedungdawa, Kedawung, Cirebon”. Anak dilahirkan dalam keadaan fitrah. Kewajiban orang tua mendidik anak yang suci tersebut dengan pendidikan Islam (Qur’an dan Hadits). Siswa membutuhkan pendidikan keberagamaan yang relatif cukup memadai. Hal ini dikarenakan mereka harus mempersiapkan diri dalam menghadapi masa ‘aqil baligh atau mukallaf. Siswa tidak cukup mendapatkan pendidikan keberagamaan dari sekolah dasar (SD) saja. Hal ini dikarenakan pendidikan keberagamaan yang disajikan di SD hanya 3 (tiga) jam saja dalam seminggu. Untuk mencukupi kekurangan tersebut siswa harus belajar di lembaga pendidikan lainnya, yaitu Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA). Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) Al-Muttaqien Kedungdawa Kedawung, Cirebon mempunyai siswa sejumlah 72 orang. Di sisi lain jumlah anak usia sekolah dasar yang ada di Desa Kedungdawa sejumlah 569 anak. Jumlah tersebut didapat dari jumlah siswa SDN 1 dan SDN 2 Kedungdawa. Hal ini berarti bahwa siswa usia sekolah dasar di Desa Kedungdawa yang belajar di MDA Al-Muttaqien hanya 13 persen saja dari jumlah total anak usia sekolah dasar yang ada di Desa Kedungdawa Masalah penelitian yang dimunculkan pada Tesis ini ialah : a. Bagaimana manajemen pendidikan yang diterapkan Kepala MDAAl-Muttaqien? b. Faktor apa saja yang menyebabkan para siswa usia sekolah dasar kurang berminat mengikuti belajar di MDA Al-Muttaqien? c. Sejauh mana dampak manajemen pendidikan yang diterapkan oleh Kepala MDA Al-Muttaqien terhadap minat belajar siswa dan pendidikan keberagamaan siswa? Penelitian ini bertujuan untuk : a. Menggambarkan manajemen pendidikan kepala madrasah MDA Al-Muttaqien. b. Menjelaskan faktor minat siswa usia Sekolah Dasar belajar di MDA Al-Muttaqien. c. Membuktikan dampak manajemen pendidikan kepala MDA Al-Muttaqien terhadap minat belajar siswa dan pendidikan keberagamaan siswa pada MDA Al-Muttaqien. Hasil penelitian ini berupa : a. Manajemen kepala MDA Al-muttaqien menerapkan perencanaan pendidikan, penyusunan jadwal sesuai dengan latar belakang kemampuan guru, pemberian tugas guru sesuai ketetapan, melakukan kontrol dengan supervisi dan evaluasi, b. Faktor penyebab kurangnya minat belajar siswa mengikuti belajar di MDA Al-Muttaqien adalah dikarenakan oleh sarana dan prasarana yang tersedia kurang memadai, bukan karena faktor SDM yang ada, bukan pula karena metodologi proses belajar mengajar kurang menarik, c. Dampak manajemen kepala MDA Al-Muttaqien terhadap minat belajar siswa tidak tampak berpengaruh. Hal ini ditandai dengan jumlah siswa MDA tersebut tidak mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Dampak manajemen kepala MDA Al-Muttaqien terhadap pendidikan keberagamaan tampak berpengaruh besar. Hal ini ditandai dengan penguasaan pendidikan keberagamaan dan kecakapan siswa lebih baik dibanding dengan anak-anak yang tidak belajar di MDA.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 03 May 2017 01:56 |
Last Modified: | 03 May 2017 01:56 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2491 |
Actions (login required)
View Item |