Tuti Fatmawati, (2011) MODEL KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA MADRASAH HUBUNGANNYA DENGAN MUTU PENDIDIKAN DAN MINAT MASYARAKAT DI MTS GUPPI CIDAHU KUNINGAN. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
MPI-116010025 - Abstraksi.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tuti Fatmawati, Model Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah Hubungannya Dengan Mutu Pendidikan Dan Minat Masyarakat Di MTs GUPPI Cidahu Kuningan. Kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pendidikan terus meningkat secara kuantitas maupun kualitas. Pendidikan selalu dipengaruhi oleh masyarakat dan juga sebaliknya, sehingga terjadi saling mempengaruhi. Persoalan mendasar dalam Sistem Pendidikan Nasional umumnya masih menyangkut mutu lulusan, disinyalir masih rendahnya mutu lulusan sekolah dalam setiap tingkat dan jenjang pendidikan. Di sisi lain, adanya kecenderungan masyarakat untuk menyekolahkan anaknya pada sekolah berbasis keagamaan, termasuk Madrasah Tsanawiyah. Adanya fenomena minat masyarakat memilih MTs GUPPI Cidahu selain karena aspek mutu lulusan, juga aspek pelayanan melalui kepemimpinan kepala madrasah. Persoalannya adalah apakah kondisi demikian itu ada hubungannya dengan model kepemimpinan transformasional di lembaga MTs GUPPI Cidahu Kabupaten Kuningan. Berdasarkan latar belakang di atas, pertanyaan penelitian dapat dirumuskan: 1) Bagaimana penerapan kepemimpinan yang dilakukan Kepala MTs GUPPI Cidahu Kuningan, 2) Peningkatan mutu apa saja di MTs GUPPI Cidahu Kuningan sehingga menarik minat masyarakat, dan 3) Adakah hubungan antara penerapan kepemimpinan transformasional di MTs GUPPI Cidahu Kuningan dengan peningkatan mutu dan minat masyarakat. Penelitian bertujuan: 1) Menggambarkan penerapan kepemimpinan transformasional yang dilakukan Kepala Madrasah, 2) Menggambarkan mutu pendidikan dan minat masyarakat di MTs GUPPI Cidahu Kuningan, 3) Menemukan pola hubungan antara penerapan kepemimpinan transformasional Kepala MTs GUPPI Cidahu dengan peningkatan mutu dan minat masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey, baik survey deskriptif (descriptive survey) maupun survey explanatory (explanatory survey). Metode ini digunakan untuk menjelaskan hubungan korelasional antara satu variabel dengan variabel lainnya serta causal relationship, yakni pengaruhnya terhadap variabel lain, disamping untuk menguji hipotesis (hyphotesyis testing) dan signifikansinya. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket dan studi dokumentasi. Pengolahan data digunakan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Kepala MTs GUPPI Cidahu telah menjalankan perannya sebagai pemimpin, supervisor, sebagai motivator sekaligus sebagai advisor. Berdasakan indikator, kepala madrasah telah menerapkan model kepemimpinan yang bersifat transformasional, (2) Adapun jenis mutu pendidikan yang diraih MTs GUPPI khususnya prestasi lulusan madrasah tersebut meliputi cukup tingginya prestasi akademik dan prestasi non akademik siswa, sehingga menumbuhkan minat masyarakat terhadap pendidikan di MTs GUPPI Cidahu yang cukup tinggi, (3) Secara simultan terdapat hubungan yang kuat (0,699) antara kepemimpinan transformasional dengan mutu pendidikan dan minat masyarakat serta berpengaruh positif dan berkontribusi mencapai 48,9 %.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 03 May 2017 02:02 |
Last Modified: | 03 May 2017 02:02 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2492 |
Actions (login required)
View Item |