Sepuri, (2011) HUBUNGAN KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DAN PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH BULAKAMBA KABUPATEN BREBES. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
PAI-116030002.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Sepuri NIM 505730048: Hubungan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengimplementasikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran dengan Prestasi Belajar Siswa di SMK Muhammadiyah Bulakamba Kabupaten Brebes Pendidikan merupakan aspek penting bagi perkembangan sumber daya manusia, sebab pendidikan merupakan wahana untuk membebaskan manusia dari keterbelakangan. Salah satu komponen penting dalam pendidikan adalah kurikulum, karena kurikulum merupakan acuan setiap satuan pendidikan. Oleh karena itu, guru sebagai ujung tombak dalam pendidikan harus mempunyai kompetensi dalam mengimplementasikan kurikulum. Selain itu, untuk menciptaka murid yang berprestasi seorang guru harus berkompeten dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran, sebab evaluasi merupakan salah satu instrumen penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan prestasi anak.Tetapi, benarkah kompetensi yang dimiliki guru dalam mengimplementasikan kurikulum dan pelaksanaan evaluasi dapat menjadikan siswa berprestasi? Penelitian ini bertujuan untuk: 1). Mengetahui kompetensi guru Pendidikan Agama Islam SMK Muhammadiyah Bulakamba Kabupaten Brebes dalam mengimpelentasikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan PAI; 2). mengetahui kompetensi guru Pendidikan Agama Islam dalam pelaksanaan evaluasipembelajaran di SMK Muhammadiyah Bulakamba Kabupaten Brebes; dan 3). Mengetahui hubungan kompetensi guru Pendidikan Agama Islam SMK Muhammadiyah Bulakamba Kabupaten Brebes dalam mengimpelentasikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan PAI dan pelaksanaan evaluasi pembelajaran dengan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Kehadiran guru yang memiliki kompetensi tentu akan berakibat positif terhadap perkembangan siswa. Karena itu keberadaan guru yang memiliki kompetensi akan mampu memberikan pengaruh positif terhadap kelancaran dan keberhasilan proses belajar mengajar serta mampu memaksimalkan prestasi belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Metode survey adalah penelitian yang dilakukan pada populasi besar maupun kecil, tetapi data yang dipelajari adalah data dari sampel yang diambil dari populasi tersebut. Metode survey biasanya digunakan untuk menjelaskan hubungan-hubungan korelasional antara satu variabel dengan variabel lainnya (corelational relationship), disamping untuk menguji hipotesis dan signifikansinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Kompetensi guru PAI SMK Muhammadiyah Bulakamba Kabupaten Brebes dalam mengimplementasikan KTSP bidang studi PAI, telah sesuai dengan indikator-indikator guru yang profesional; 2). Guru PAI SMK Muhammadiya Bulakamba Kabupaten Brebes adalah guru yang memiliki kompetensi yang cukup atau sedang dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran; dan 3). Hubungan antara Kompetensi guru PAI SMK Muhammadiyah Bulakamba Kabupaten Brebes dalam mengimplementasikan KTSP dan kompetensi guru dalam PAI dalam pelaksanaan evaluasi dengan prestasi belajar siswa cukup signifikan, yakni 0,266%. Hubungan tersebut dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa sebesar 25,0%.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 03 May 2017 02:30 |
Last Modified: | 03 May 2017 02:30 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2501 |
Actions (login required)
View Item |