PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN REWARD TERHADAP KINERJA GURU DI MADRASAH ALIYAH ASY-SYAFI’IYAH MARGASARI KABUPATEN TEGAL

Kusnoto, (2011) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN REWARD TERHADAP KINERJA GURU DI MADRASAH ALIYAH ASY-SYAFI’IYAH MARGASARI KABUPATEN TEGAL. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
PPI-116020008.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kusnoto, Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Reward terhadap Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Asy-Syafi’iyah Margasari Kabupaten Tegal, Tesis Program Pascasarjana Institut Agama Islam (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon. Upaya meningkatkan kinerja guru berkaitan dengan corak gaya kepemimpinan dan reward yang diterima guru ini secara langsung maupun tidak langsung akan mempengaruhi kinerja guru. Oleh karena itu dapat diasumsikan bahwa pelaksanaan kepemimpinan kepala madrasah dan reward guru berpengaruh dengan kinerja. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh gaya kepemimpinan dan Reward secara simultan terhadap kinerja guru? Tujuan penelitian untuk 1) Untuk menjelaskan gaya kepemimpinan terhadap kinerja guru, 2) Untuk menjelaskan Reward terhadap kinerja guru, 3) Menemukan pengaruh gaya kepemimpinan dan Reward secara simultan terhadap kinerja guru. Penelitian ini bertitik tolak pada asumsi kinerja guru menjadi kunci keberhasilan pendidikan. Oleh karena itu optimalisasi kinerja guru perlu didorong melalui kepemimpinan yang baik dan penghargaan atau reward yang memadai. Kerangka berpikir penelitian ini adalah 1) Gaya kepemimpinan sebagai variabel bebas pertama (X1) adalah pola tingkah laku yang dirancang untuk mengintegrasikan tujuan organisasi dengan tujuan individu untuk mencapai suatu tujuan tertentu, 2) Reward sebagai variabel bebas kedua (X2) adalah imbalan atau jasa yang diterima oleh guru, baik dalam bentuk materi moneter maupun non moneter, langsung atau tidak langsung atas sejumlah karya atau karsa yang telah diberikan dalam jangka waktu tertentu atau sewaktu-waktu, dan 3) Kinerja guru sebagai variabel terikat (Y) adalah tampilan prestasi kerja yang ditunjukkan atau hasil yang dicapai oleh guru atas pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya yang ditentukan dalam kurun waktu. Pendekatan penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan korelasional . Sampel penelitian sebanyak 40 orang guru, teknik pengambilan sampel adalah total sampel. Instrumen penelitian ini dengan angket untuk mengungkap data tentang kepemimpinan, reward, dan kinerja guru. Data dianalisis dengan rumus korelasi product moment dan anova. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa kinerja guru selalu terkait dengan kepemimpinan kepala madrasah dan reward yang diterima guru. Bahwa pengaruh kepemimpinan kepala Madrasah (X1) terhadap kinerja guru (Y) cukup signifikan artinya semakin baik kepemimpinan kepala madrasah maka, semakin tinggi pula kinerja guru, pengaruh reward (X2) terhadap kinerja guru (Y) cukup signifikan artinya semakin baik reward yang diterima maka semakin tinggi pula kinerja guru. Hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi ada pengaruh yang signifikan gaya kepemimpinan terhadap kinerja guru dan reward terhadap terhadap kinerja guru diterima, dengan bukti harga rx1y sebesar 0,494 lebih besar dari harga rtabel sebesar 0,294 pada taraf signifikansi 5% dan sebesar 0,380 pada taraf signifikansi 1% dan harga rx2y sebesar 0,578 lebih besar dari harga rtabel sebesar 0,294 pada taraf signifikansi 5% dan sebesar 0,380 pada taraf signifikansi 1%. Dengan demikian gaya kepemimpinan kepala madrasah dan reward berpengaruh terhadap kinerja guru, semakin baik gaya kepemimpinan kepala madrasah dan reward yang diterimakan maka semakin tinggi kinerja guru

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Psikologi Pendidikan Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 03 May 2017 03:38
Last Modified: 03 May 2017 03:54
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2524

Actions (login required)

View Item View Item