PENGARUH BRAND EQUITY DAN KEPUASAN NASABAH TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG CIREBON

OFY SOFIYATIN SALEHA, (2016) PENGARUH BRAND EQUITY DAN KEPUASAN NASABAH TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
OFI SOFIYATIN-min.pdf

Download (474kB) | Preview

Abstract

OFY SOFIYATIN SALEHA. 14122220902. Pengaruh Brand Equity dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Cirebon. Pesatnya perkembangan perbankan syariah saat ini, mendorong banyak bermunculan bank-bank syariah sehingga antar bank syariah menimbulkan persaingan untuk manarik minat nasabah dalam melakukan transaksi jasa perbankan. Dalam mempertahankan nasabah ada beberapa pengaruh, diantaranya brand equity, kepuasan nasabah dan loyalitas nasabah. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh brand equity dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian menggunakan penelitian berbasis empirik yang berupa field research. Untuk teknik menggumpulkan data digunakan metode kuesioner, dokumentasi dan wawancara. Sampel yang digunakan adalah 71 nasabah. Data-data yang diperoleh dan diolah dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, koefisien determinasi, uji parsial (t), dan uji simultan (F). Semua pengujian tersebut menggunakan alat bantu program SPSS version 21.0. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa brand equity berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah, hal ini ditandai dengan besarnya thitung > ttabel 2,582 > 1,66724. Kepuasan nasabah tidak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah, hal ini ditandai dengan besarnya thitung < ttabel -1,498 > 1,66724. Dan ketika dilakukan uji bersama-sama variabel brand equity dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah yang berdasarkan uji F, diperoleh nilai Fhitung= 3,217 > Ftabel yaitu 3,13 maka F hitung > F tabel, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, artinya brand equity dan kepuasan nasabah berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah. Dari uji determinasi diperoleh perhitungan sebesar 8% loyalitas nasabah ditentukan oleh brand equity dan kepuasan nasabah dan sisanya 92% dipengaruhi oleh variabel lain. Kata Kunci: Brand Equity, Kepuasan Nasabah dan Loyalitas Nasabah

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Ekonomi Islam (Muamalah)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 04 May 2017 03:11
Last Modified: 04 May 2017 03:11
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2587

Actions (login required)

View Item View Item