“PENGARUH LOKASI PASAR MODERN (INDOMARET) DAN PASAR TRADISIONAL TERHADAP MINAT KONSUMEN” (Study Kasus di Pasar Losari-Cirebon)

RIYANAH, (2017) “PENGARUH LOKASI PASAR MODERN (INDOMARET) DAN PASAR TRADISIONAL TERHADAP MINAT KONSUMEN” (Study Kasus di Pasar Losari-Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
Riyanah-min.pdf

Download (469kB) | Preview

Abstract

RIYANAH (14122211039) : “PENGARUH LOKASI PASAR MODERN (INDOMARET) DAN PASAR TRADISIONAL TERHADAP MINAT KONSUMEN” (Study Kasus di Pasar Losari-Cirebon) Kehadiran peritel modern pada awalnya tidak mengancam pasar tradisional. Peritel modern yang menyasar konsumen dari kalangan menengah ke atas, saat ini menjadi alternative dari pasar tradisional yang identik dengan kondisi pasar yang kumuh, dengan tampilan dan kualitas yang buruk serta harga jual yang rendah. Pasar modern atau juga mini market dan pasar tradisional memiliki banyak pengaruh terhadap minat konsumen. Konsumen memiliki kesempatan untuk memilih kualitas produk sebagai penggunaan kebutuhan sehari-hari. Pasar modern dan pasar tradisional memiliki kesempatan bersaing secara kompetitif di ranah masyarakat. Dengan ini tiaptiap pasar dapat terangkat dan akan terus meningkatkan kualitas produk demi menarik konsumen yang lebih banyak. Berangkat dari pemikiran dan pembuktian di atas, maka dirumuskan masalah yang terkait dengan judul di atas yakni: 1. Bagaimana pengaruh lokasi pasar modern (indomaret) terhadap minat konsumen ? 2. Bagaimana pengaruh lokasi pasar tradisional terhadap minat konsumen ? Adapun penelitian ini memiliki tujuan yakni: Untuk mengetahui pengaruh lokasi pasar modern (indomaret) terhadap minat konsumen. Untuk mengetahui pengaruh lokasi pasar tradisional terhadap minat konsumen. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan metode kuantitatif karena didalamnya mengacu pada perhitungan data penelitian yang berupa angka-angka. Denga tekhnik pengumpulan data melalui observasi, kuisioner, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian yang dilakukan oleh penelitin membuktikan bahwa berdasarkan koefisien regresi lokasi pasar modern (indomaret) diperoleh nilai thitung sebesar 8,449. Tingkat signifikansi (α) = 0,05 dk (n-2) = 80 - 2 = 78 dilakukan uji satu pihak, sehingga diperoleh Nilai ttabel adalah 1,990. Karena nilai thitung ≥ ttabel atau 8,449 ≥ 1.990 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menggambarkan bahwa pengaruh antara lokasi pasar modern (indomaret) dengan minat konsumen berpengaruh secara signifikan. Artinya lokasi pasar modern (indomaret) dapat mempangaruhi minat konsumen di Kecamatan Losari Kabupaten Cirebon. Berdasarkan koefisien regresi lokasi pasar tradisional diperoleh nilai thitung sebesar 4.111. Tingkat signifikansi (α) = 0,05 dk (n-2) = 80 - 2 = 78 dilakukan uji satu pihak, sehingga diperoleh Nilai ttabel adalah 1.990. Karena nilai thitung > ttabel atau 4.111> 1.990 maka Ho diterima dan Ha ditolak. Hal ini menggambarkan bahwa lokasi pasar tradisional berpengaruh signifikan terhadap minat konsumen di Kecamatan Losari Kabupaten Cirebon. Kata kunci: Lokasi Pasar Modern (indomaret). Lokasi Pasar Tradisional, Minat Konsumen.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Ekonomi Islam (Muamalah)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 05 May 2017 02:20
Last Modified: 05 May 2017 02:20
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2639

Actions (login required)

View Item View Item