ADE KURNIASIH, (2012) PENGGUNAAN PENILAIAN PORTOFOLIO PRODUK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN DI KELAS VIII MTs NEGERI KRANGKENG KABUPATEN INDRAMAYU. Bachelor thesis, IAIN syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
127360007_ADE KURNIASIH (07460886)__ok.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
ADE KURNIASIH :Penggunaan Penilaian Portofolio Produk untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Pertumbuhan dan Perkembangan Di Kelas VIII MTs Negeri Krangkeng Kabupaten Indramayu Penilaian merupakan bagian dari tugas profesional seorang guru. Penilaian berbasis kompetensi akhir-akhir ini disosialisasikan sebagai Penilaian Berbasis Kelas. Tugas ini berkaitan dengan usaha guru mengembangkan keterampilan mengobservasi dan melakukan pertimbangan segi kuantitas dan kualitas pekerjaan peserta didik yang melingkupi dan memenuhi tujuan aktivitas belajar peserta didik. Untuk pelaksanaan tugas penilaian tersebut, sejumlah teknik penilaian dapat dipilih dan dilakukan guru. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri Krangkeng yang berjumlah 175 orang, dengan sampel 34 siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui penerapan portofolio produk dalam proses pembelajaran. (2) untuk mengkaji peningkatan hasil belajar kognitif siswa dengan menggunakan penilaian portofolio produk. (3) untuk mengkaji pengaruh penilaian portofolio produk dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penilaian portofolio diartikan sebagai kumpulan fakta/ bukti dan dokumen yang berupa tugas-tugas yang terorganisir secara sistematis dari seseorang secara individual dalam proses pembelajaran. Selain itu juga diartikan sebagai koleksi sistematis dari siswa dan guru untuk menguji proses dan prestasi belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analisis yang ditunjang oleh data-data yang diperoleh melalui penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan melalui beberapa siklus dengan menggunakan teknik pengumpulan data antara lain: tes dan observasi. Tes digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa pada ranah kognitif. Sedangkan observasi digunakan untuk mengetahui sikap siswa dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan pertumbuhan dan perkembangan dapat dikatakan baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas on task yang mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus I prosentase on task sebesar 85,29%, siklus II sebesar 91,17%, dan siklus III sebesar 97,05%. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya berdasarkan perolehan nilai rata-rata. Siklus I nilai rata-rata hasil belajarnya mencapai 43,38, siklus II mencapai 51,76, dan siklus III mencapai 70,14. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penilaian portofolio produk dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VIII MTs Negeri Krangkeng Kabupaten Cirebon. Kata kunci: Penilaian portofolio produk, Hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 17 Jan 2017 04:26 |
Last Modified: | 05 Jun 2017 07:42 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/268 |
Actions (login required)
View Item |