PENGARUH KECERDASAN INTEGRAL (HOLISTIK) DALAM KEGIATAN MENGHAFAL AL-QUR’AN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP PESANTERN AL-HIKMAH BOBOS KAB. CIREBON

IMAS SITI MASITOH, (2015) PENGARUH KECERDASAN INTEGRAL (HOLISTIK) DALAM KEGIATAN MENGHAFAL AL-QUR’AN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP PESANTERN AL-HIKMAH BOBOS KAB. CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
Imas SM (WM BLM).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

IMAS SITI MASITOH: PENGARUH KECERDASAN INTEGRAL DALAM KEGIATAN MENGHAFAL AL-QUR’AN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP PESANTREN AL-HIKMAH BOBOS KABUPATEN CIREBON Pembelajaran matematika dikatakan berhasil apabila siswa paham dan mampu mendapatkan hasil belajar yang diinginkan atau memuaskan. Sedangkan masih banyak siswa yang kurang paham dengan kecerdasan. Kegiatan menghafal Al-Qur’an merupakan salah satu kegiatan yang memenuhi syarat untuk membangun kecerdasan integral (hollistik) yang merupakan kolaborasi dari tiga kecerdasan (intelektual, emosional, spiritual) karena melalui beberapa fase dalam membentuk dan mengembangkan kecerdasan pada individu siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan integral (holistik) dalam kegiatan menghafal Al-Qur’an terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif . Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Pesantren Al-Hikmah Bobos. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII A SMP Pesantren Al- Hikmah Bobos yang berjumlah 31 orang dengan teknik pengambilan sampel secara random. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk mengukur kecerdasan integral, tes UTS untuk mengukur hasil belajar matematika pada siswa dan tes IQ untuk mengukur kecerdasan intelektual yang dimiliki oleh siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Berganda. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai t hitung sebesar 2,762 untuk kecerdasan emosional, 5,820 untuk kecerdasan spiritual dan untuk kecerdasan intelektual sebesar 3,464 lebih besar dari t tabel sebesar 2,05 dan nilai signifikansi sebesar 0,010 untuk kecerdasan emosional, 0,000 untuk kecerdasan spiritual dan 0,002 untuk kecerdasan intelektual < 0,05 maka hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak. Maka terdapat pengaruh yang signifikan dan positif kecerdasan integral dalam kegiatan menghafal Al-Qur’an terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP Pesantren Al-Hikmah Bobos Kab. Cirebon. Kata kunci: Kecerdasan Integral Dan Hasil Belajar Matematika

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 05 May 2017 07:29
Last Modified: 05 May 2017 07:29
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2697

Actions (login required)

View Item View Item