PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN TUTORIAL SOFTWARE ADOBE CAPTIVATE DI KELAS VIII MTs NEGERI CILEDUG KABUPATEN CIREBON

NUR SYA’ADAH, (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN TUTORIAL SOFTWARE ADOBE CAPTIVATE DI KELAS VIII MTs NEGERI CILEDUG KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127360009_NUR SYA'ADAH__OK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

NUR SYA’ADAH: PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN TUTORIAL SOFTWARE ADOBE CAPTIVATE DI KELAS VIII MTs NEGERI CILEDUG KABUPATEN CIREBON Pembelajaran berbasis komputer adalah salah satu media pembelajaran yang digunakan untuk menyampaikan seluruh atau sebagaian dari isi kandungan mata pelajaran. Banyak cara yang dapat dilakukan dalam pembelajaran berbasis komputer, salah satunya dengan memanfaatkan program Tutorial Software Adobe Captivate. Menggunakan Software Adobe Captivate pada pembelajaran. Biologi merupakan salah satu alternative untuk meningkatkan motivasi dan kreatifitas siswa serta dapat mengurangi kejenuhan belajar siswa, sehingga mendapatkan hasil belajar siswa yang memuaskan. Berdasarkan uraian diatas maka peneliti ingin mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran Tutorial Software Adobe Captivate. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan dan yang tidakmenggunakan media pembelajaran Tutorial Software Adobe Captivate; (2) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan dan yang tidak menggunakan media pembelajaran Tutorial Software Adobe Captivate; (3) untuk mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran Tutorial Software Adobe Captivate pada pokok bahasan sistem peredaran darah manusia di kelas VIII MTs Negeri Ciledug. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa angket. Populasi yang diambil adalah kelas VIII di MTs Negeri Ciledug. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Randomized sampling, yakni kelas VIII A sebagai kelas control dan kelas VIII C sebagai kelas eksperimen, dengan kriteria kemampuan kedua kelas merupakan sampel yang homogeny pada tingkat prestasinya. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa : 1) Rata-rata N-gain siswa kelas eksperimen sebesar 51 dengan kriteria sedang, dan rata-rata N-gain siswa kelas kontrol sebesar 38 dengan kriteria sedang. 2) Berdasarkan hasil dari uji t (Independent Sample Test) dengan menggunakan asumsi equal variance assumed terlihat bahwa nilai t = 4.63dengan probabilitas signifikasi 0.000 (2-tailed). Karena Sig. 0.000 < 0.05, maka Ha diterima, artinya terdapat perbedaan hasil belajar siswa hasil belajar siswa yang menggunakan dan yang tidak menggunakan media pembelajaran Tutorial Software Adobe Captivate. 3) Persentase rata-rata skor angket pada dimensi perencanaan sebesar ,dimensipelaksanaan , dandimensievaluasi. Berdasarkan hasil pengamatan diketahui bahwa : 1) Penguasaan konsep siswa kelas eksperimen maupun control mengalami peningkatan yang terlihatdarirata-rata N-gainkeduakelas yang meningkat. 2) Penggunaanmedia pembelajaranTutorial Software Adobe Captivatepada pembelajaran pokok bahasan system peredaran darah manusia dapat meningkatkan hasilbelajarsiswa. 3) Respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran Tutorial Software Adobe Captivate termasuk dalam kategori sangat kuat. Kata Kunci : Hasilbelajarsiswa, media pembelajaranTutorial Software Adobe Captivate

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 17 Jan 2017 04:42
Last Modified: 06 Jun 2017 07:35
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/270

Actions (login required)

View Item View Item