PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA SISWA DI MTS NEGERI 2 KOTA CIREBON

MUHAMAD ZAHWAN ANWAR, (2015) PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA SISWA DI MTS NEGERI 2 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
Muhamad Zahwan Anwar (WM BLM).pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Muhamad Zahwan Anwar. NIM 14111510044. Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Animasi Terhadap Kemampuan Koneksi Matematika di MTs N 2 Kota Cirebon Kemampuan koneksi matematika menjadikan siswa mengetahui manfaat matematika di sekolah maupun di luar sekolah. Salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematika adalah dengan menggunakan media pembelajraran berbasis animasi, yaitu salah satu media pembelajaran yang dirancang khusus untuk memberikan gambaran keterkaitan antara matematika dengan kehidupan sehari-hari dan antar topik dalam matematika yang disajikan dengan animasi-animasi menarik. Penelitian ini merupakan penelitian kuatitatif dengan metode eksperimen dan desain penelitian one shot case study. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui respon siswa terhadap penerapan media pembelajaran berbasis animasi 2) mengetahui kemampuan koneksi matematika siswa dengan penerapan media pembelajaran berbasis animasi 3) mengetahui pengaruh penerapan media pembelajaran berbasis animasi terhadap kemampuan koneksi matematika siswa.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan angket. Penelitian ini mengambil populasi kelas VIII di MTs N 2 Kota Cirebon dan sampel kelas VIII C. Berdasarkan hasil pengolahan data, hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa merespon dengan baik terhadap penerapan media pembelajaran berbasis animasi. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata persentase tiap indikator sebesar 77%. Hasil tes kemampuan koneksi matematika siswa pada kelas eksperimen menujukan bahwa persentase rata-rata aspek kemampuan koneksi dengan dunia nyata sebesar 80% dengan kategori baik, aspek kemampuan koneksi antar topik matematika 65% dengan kategori cukup baik, dan aspek kemampuan koneksi matematika dengan disiplin ilmu lain sebesar 58% dengan kategori cukup baik. Persentase rata-rata dari ketiga aspek tersebut adalah sebesar 68% dengan kategori cukup baik. Hasil uji prasyarat normalitas (Kolmogorov- Smirnov) sebesar 0,086 dengan signifikansi 0,200, uji homogenitas diperoleh Levene Statistic nilai probabilitas (sig.) 0,054. Pengaruh penerapan media pembelajaran berbasis animasi terhadap kemampuan koneksi matematika siswa yaitu sebesar 13,5% dan sisanya 86,5% ditentukan oleh faktor lainnya. Berdasarkan hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi untuk penerapan media pembelajaran animasi (X) dan kemampuan koneksi matematika (y) adalah

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 05 May 2017 08:25
Last Modified: 05 May 2017 08:25
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2736

Actions (login required)

View Item View Item