NUR HALIMAH, (2015) PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG KELAS VIII MTs NEGERI ARJAWINANGUN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
NUR HALIMAH (WM BLM).pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Nur Halimah. 14111530112. Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik dengan Penemuan Terbimbing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Kelas VIII MTs Negeri Arjawinangun Kabupaten Cirebon. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengkaji penerapan pendekatan matematika realistik dengan penemuan terbimbing dalam pembelajaran matematika, 2) mengkaji kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan pendekatan matematika realistik dengan penemuan terbimbing, dan 3) mengkaji pengaruh pendekatan matematika realistik dengan penemuan terbimbing terhadap kemampuan pemecahan masalah pada pokok bahasan bangun ruang kelas VIII MTs Negeri Arjawinangun Kabupaten Cirebon. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri Arjawinangun. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling, terpilih kelas VIIIA sebagai sampel dengan jumlah siswa sebanyak 39 orang. Instrumen penelitian yang digunakan: 1) angket respon siswa terhadap pendekatan matematika realistik dengan penemuan terbimbing, dan 2) tes kemampuan pemecahan masalah. Berdasarkan hasil pengolahan data, hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir seluruhnya siswa merespon kuat terhadap penerapan pendekatan matematika realistik dengan penemuan terbimbing dengan persentase sebesar 82,1%. Rata-rata kemampuan pemecahan masalah yaitu sebesar 75,17 pada pokok bahasan bangun ruang. Persamaan regresi yang dihasilkan untuk memprediksi kemampuan pemecahan masalah berdasarkan penerapan pendekatan matematika realistik dengan penemuan terbimbing adalah Y = 2,354+0,975X. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan pendekatan matematika realistik dengan penemuan terbimbing terhadap kemampuan pemecahan masalah sebesar 20,0% dan sisanya 80,0% ditentukan oleh faktor lainnya. Kata kunci: pendekatan matematika realistik, penemuan terbimbing, pemecahan masalah
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 05 May 2017 08:33 |
Last Modified: | 05 May 2017 08:33 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2741 |
Actions (login required)
View Item |