PEMIKIRAN KYAI HAJI MUHAMMAD HASYIM ASY’ARI DALAM KITAB ADABUL ‘ALIM WAL MUTA’ALIM TENTANG ETIKA GURU DAN MURID DALAM PEMBELAJARAN DI PONDOK PESANTREN

DANIYANTO, (2015) PEMIKIRAN KYAI HAJI MUHAMMAD HASYIM ASY’ARI DALAM KITAB ADABUL ‘ALIM WAL MUTA’ALIM TENTANG ETIKA GURU DAN MURID DALAM PEMBELAJARAN DI PONDOK PESANTREN. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
DANIYANTO 2015 PAI (WM BLM)-min.pdf

Download (474kB) | Preview

Abstract

DANIYANTO : Pemikiran Kyai Haji Muhammad Hasyim Asy’ari NIM (1410110042) dalam kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’alim tentang Etika Guru dan Murid dalam Pembelajaran di Pondok Pesantren Kyai Haji Muhammad Hasyim Asy’ari adalah seorang ulama yang mempunyai perhatian khusus terhadap masalah pendidikan islam terutama pendidikan etika (moral), konsep sentral beliau adalah menanamkan kebiasaan yang baik dari setiap aktivitas belajar dan mengajar pada guru dan murid dalam pengertian yang umum bahwa belajar harus diniati dengan ibadah dan dalam rangka membentuk akhlakul karimah yang merupakan kewajiban dari setiap pendidik dan peserta didik supaya menjadikan dirinya menjadi pribadi yang baik serta semata-mata hanya mengharapkan ridho dari Allah SWT. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh penjelasan tentang Biografi Kyai Haji Muhammad Hasyim Asy’ari dan pemikiran tentang etika guru dan murid serta implementasi pemikiran Kyai Haji Muhammad Hasyim Asy’ari terhadap pendidikan kontemporer. Penelitian ini bertitik tolak dari pemikiran bahwa dalam proses belajar mengajar guru dan murid dianggap tidak bermuatan etika baik bagi guru maupun murid padahal guru merupakan faktor penentu keberhasilan pembelajaran. Berdasarkan persoalan ini penulis memberikan perhatian khusus pada etika gurumurid dan penerapannya dalam pendidikan di pondok pesantren yang dirumuskan dalam karya beliau Adabul ‘alim Muta’allim, sehingga kajian teks ini dapat dipandang sebagai usaha yang efektif untuk mengkaji secara langsung tentang etika guru-murid yang dirumuskan dalam kitab tersebut dan bagaimana penerapannya dalam pendidikan di pondok pesantren. Langkah-langkah penelitian yang ditempuh penulis dalam penelitian ini adalah identifikasi pandangan Kyai Haji Muhammad Hasyim Asy’ari tentang pendidikan etika guru dan murid dengan melakukan kategori analisa terhadap data primer. Kesimpulan penelitian ini adalah analisa pandangan pemikiran Kyai Haji Muhammad Hasyim Asy’ari tentang etika guru dan murid dalam pembelajaran di pondok pesantren, Implementasi pemikiran Kyai Haji Muhammad Hasyim Asy’ari terhadap pendidikan kontemporer adalah upaya memanusiakan manusia secara utuh, sehingga manusia bisa taqwa kepada Allah SWT dan mengamalkan segala perintahnya, sehingga pantas mendapatkan predikat makhluk yang lebih tinggi derajatnya dari makhluk lainya. Pemikiran pendidikan Kyai Haji Hasyim Asy’ari senantiasa mendasarkan pada nilai moral dan etika serta Konsisten mengacu pada rujukan Al-Qur’an dan Al-Hadist, dan cenderung mengacu pada madzhab Imam syafi’i.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Evaluasi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 10 May 2017 02:28
Last Modified: 10 May 2017 02:28
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2779

Actions (login required)

View Item View Item