PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) TERHADAP PERILAKU SOSIAL SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 1 CIAWIGEBANG KECAMATAN CIAWIGEBANG KABUPATEN KUNINGAN

Diah Rahmawati, (2015) PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) TERHADAP PERILAKU SOSIAL SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 1 CIAWIGEBANG KECAMATAN CIAWIGEBANG KABUPATEN KUNINGAN. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
DIAH RAHMAWATI PAI 2015 (WM BLM)-min.pdf

Download (590kB) | Preview

Abstract

DIAH RAHMAWATI NIM 14111110018 “Pengaruh Pembelajaran Agama Islam (PAI) terhadap Perilaku Sosial Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Ciawigebang Kecamatan Ciawigebang Kabupaten Kuningan” Ditemukan fenomena banyaknya perilaku anak sekolah di SMP Negeri 1 Ciawigebang yang tidak sesuai dengan norma-norma Islam. Hal ini bisa ditunjukkan dengan misalnya cara berbicara anak baik dengan teman sebayanya maupun dengan yang umurnya lebih tua yang dianggap tidak pantas. Selain itu, isi pembicaraan mereka cenderung membicarakan hal yang tidak penting seperti film, sinetron, gosip, dan porno. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), perilaku sosial siswa, dan pengaruh pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap perilaku sosial siswa Kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Ciawigebang Kecamatan Ciawigebang Kabupaten Kuningan. Pendidikan dengan melalui ajaran agama Islam, yaitu berupa bimbingan dan asuhan terhadap anak didik agar nantinya setelah selesai dari pendidikan ia dapat memahami, menghayati dan mengamalkan ajaran-ajaran agama Islam yang telah diyakininya secara menyeluruh serta menjadikan agama Islam sebagai suatu pandangan hidup di dunia dan akhirat kelak. Perilaku sosial adalah suasana saling ketergantungan yang merupakan keharusan untuk menjamin keberadaan manusia. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kuantitatif. Metode Kuantitatif adalah penelitian yang berdasarkan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, teknik pengambilan sampel pada umumnya dilakukan secara random, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Ciawigebang Kecamatan Ciawigebang Kabupaten Kuningan dalam kategori Baik dengan skor sebesar 85,14%, perilaku sosial siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Ciawigebang Kecamatan Ciawigebang Kabupaten Kuningan dalam kategori Baik dengan skor sebesar 79,11% dan hasil korelasi antara pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan perilaku sosial siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Ciawigebang Kecamatan Ciawigebang Kabupaten Kuningan dapat diperoleh rxy sebesar 0,99 ternyata terletak antara 0,80 sampai dengan 1,000. Berdasarkan makna koefisien korelasi tergolong Sangat Kuat, sehingga kita dapat interpretasi yaitu terdapat pengaruh yang Sangat Kuat antara Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap Perilaku Sosial Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Ciawigebang Kecamatan Ciawigebang Kabupaten Kuningan

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 10 May 2017 02:42
Last Modified: 10 May 2017 02:42
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2784

Actions (login required)

View Item View Item