STUDI PERBAFIDINGAI\T PENGGTJNAAI{ METODE PROBLEM SOLVING I}AI\[ METODE CERAMAI{ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PEITDIDIKAI\ AGAMA ISLAM (PAI) KELAS X DI SEKOLAH MENENGATI ATAS (SMA) r\rEGERr I ARJAWTNAIYGUN

EVITA SHIELVIA, (2015) STUDI PERBAFIDINGAI\T PENGGTJNAAI{ METODE PROBLEM SOLVING I}AI\[ METODE CERAMAI{ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PEITDIDIKAI\ AGAMA ISLAM (PAI) KELAS X DI SEKOLAH MENENGATI ATAS (SMA) r\rEGERr I ARJAWTNAIYGUN. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Full text not available from this repository.

Abstract

EVITA SHIELVIA: NIM. 14111110062 Studi Perbandingan Penggunaan Metode Problem Solving Dan Metode Ceramah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas X Di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Arjawinangun Penggunaan metode yang kurang tepat dalam proses pembelajaran dapat mengakibatkan aktivitas siswa di kelas juga menjadi kurang dan terhambat sehingga pemahaman siswa akan materi yang disampaikan tidak dapat diserap sepenuhnya sehingga hasil belajarnya pun berkurang. Penelitian ini berusaha mengungkap perbandingan penggunaan metode problem solving dan metode ceramah terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengetahui penggunaan metode problem solving pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), penggunaan metode ceramah pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), dan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode problem solving dan metode ceramah pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Negeri 1 Arjawinangun. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan metode problem solving pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), bagaimana penggunaan metode ceramah pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), dan bagaimana hasil belajar siswa dengan menggunakan metode problem solving dan metode ceramah pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Negeri 1 Arjawinangun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan mengumpulkan data observasi, tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan uji statistik meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan uji t. Kesimpulan dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan oleh peneliti adalah Pada metode problem solving hasil belajar siswa meningkat, dapat dilihat dari nilai tertinggi yaitu 100 dan nilai terendah yaitu 70, rata-rata hasil metode problem solving yaitu 86,1. Pada metode ceramah nilai tertinggi yaitu 85 dan nilai terendah 60, rata-rata hasil metode ceramah yaitu 74. Penggunaan metode problem solving dan metode ceramah terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMA Negeri 1 Arjawinangun terdapat korelasi positif sebesar 0,93498 dan korelasi tersebut termasuk ke dalam korelasi yang sangat tinggi. Adapun uji signifikan terdapat nilai thitung sebesar 21,9 dengan ttabel pada taraf signifikansi (α) = 0,01 maka diperoleh harga ttabel sebesar 2,4868 dengan demikian karena thitung > ttabel (21,9 > 2,4868) maka Ho ditolak dan Ha diterima.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Evaluasi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 10 May 2017 03:01
Last Modified: 10 May 2017 03:01
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2790

Actions (login required)

View Item View Item