HANY NURMANADANIYAH, (2015) PENERAPAN METODE DISKUSI PENGARUHNYA TERHADAP PEMAHAMAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 1 KADUGEDE KABUPATEN KUNINGAN. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
HANY NURMADANIAH PAI 205 (WM BLM)-min.pdf Download (509kB) | Preview |
Abstract
Hany Nurmadaniah : NIM. 14111120117 Metode Diskusi merupakan salah satu cara penyajian pelajaran dengan cara menghadapkan peserta didik pada suatu masalah yang dapat berbentuk pertanyaan yang bersifat problematis untuk dibahas dan dipecahkan bersama. Siswa melakukan diskusi mengenai materi yang diberikan oleh guru dengan maksud untuk saling mengoreksi pemahaman mereka atas pelajaran yang diterima agar masing-masing siswa memperoleh pemahaman yang lebih baik dan benar. Pemahaman merupakan kemampuan seseorang untuk mengerti atau memahami sesuatu setelah sesuatu itu diketahui atau diingat; mencakup kemampuan untuk menangkap makna dari arti dari bahan yang dipelajari, yang dinyatakan dengan menguraikan isi pokok dari suatu bacaan, atau mengubah data yang disajikan dalam bentuk tertentu ke bentuk yang lain. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pemahaman siswa sebelum penerapan Metode Diskusi dalam kegiatan pembelajaran di kelas pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Mengetahui pemahaman siswa setelah penerapan Metode Diskusi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Mengetahui pengaruh penerapan Metode Diskusi terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana pembelajaran PAI kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Kadugede Kabupaten Kuningan, bagaimana penerapan metode diskusi pada mata pelajaran PAI kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Kadugede Kabupaten Kuningan, dan bagaimana pengaruh penerapan metode diskusi terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran PAI kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Kadugede Kabupaten Kuningan. Untuk memperoleh data yang diinginkan maka teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, tes dan studi dokumentasi. Dari hasil analisis data terdapat korelasi positif sebesar 0, 8394525 dan korelasi tersebut termasuk kedalam korelasi yang sangat tinggi. Adapun uji signifikan terdapat nilaithitung sebesar 16,1 denganttabel pada taraf signifikansi (α) = 0,01 maka diperoleh harga ttabel sebesar 2,4868 dengan demikian karena thitung>ttabel (16,1> 2,4868) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Oleh karena itu, penerapan Model Pembelajaran Student Center Learning (SCL) berpengaruh terhadap pemahaman pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Kadugede. “Penerapan Metode Diskusi Pengaruhnya terhadap Pemahaman pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa Kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Kadugede Kabupaten Kuningan
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 10 May 2017 03:16 |
Last Modified: | 10 May 2017 03:16 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2794 |
Actions (login required)
View Item |