HENDRIK RUSYIKIN, (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN FILM PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI KELAS VII B MTS AL HIDAYAH SUMBAKELING PANCALANG KUNINGAN. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
HENDRIK RUSYIKIN (NIM 14121190069) (WM BLM) - Copy-min.pdf Download (396kB) | Preview |
Abstract
Hendrik Rusyikin, NIM : 14121190069 “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Film pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Kelas VII B MTs Al Hidayah Sumbakeling Pancalang Kuningan” Penelitian ini berangkat dari permasalahan mendasar yang penulis temukan pada saat observasi langsung di kelas VII b MTs Al Hidayah, permasalahan dimaksud ialah; lemahnya aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran dan masih rendahnya hasil belajar siswa, khususnya dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media film dalam pembelajaran serta mengetahui hasil belajar siswa dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VII b MTs Al Hidayah Sumbakeling Pancalang Kuningan. Menurut beberapa teori, terdapat kausalitas antara variabel dependent dengan variabel independent, yaitu melalui penggunaan media film dalam pembelajaran Sejarah kebudayaan Islam pokok bahasan Prestasi Khulafaurrasyidin, maka diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penerapan pengggunaan media film dengan indikator peningkatan hasil belajar siswa yang meliputi proses dan hasil, dapat dilihat dari : (1) Nilai terendah yang diperoleh siswa pada tes awal 40, menjadi 50 pada tes siklus I, kemudian meningkat pada tes siklus II menjadi 70, (2) Nilai tertinggi yang diperoleh siswa pada tes awal sebesar 80, naik menjadi 90 pada tes siklus I, kemudian menjadi 100 pada tes siklus II, (3) Nilai rata-rata kelas juga terjadi peningkatan yaitu pada tes awal sebesar 58, 80, menjadi 73,85 pada tes siklus I; dan pada tes siklus II naik menjadi 82,31, (4) Untuk siswa tuntas belajar (nilai ketuntasan di atas 70) pada tes prasiklus 42,31%, tes siklus I 84,62% dan tes siklus II menjadi 100%. Dari analisis data dan diskusi terhadap pelaksanaan pembelajaran pada siklus II, secara umum telah menunjukkan perubahan yang signifikan. Prosentase hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik siswa meningkat. Hal ini terbukti adanya peningkatan siswa, mengeluarkan pendapat, berinteraksi dengan guru, mampu mendemonstrasikan, kerjasama dengan kelompok meningkat, dan menyelesaikan soal-soal latihan. Dengan partisipasi siswa yang aktif dan kreatif siswa dalam pembelajaran yang semakin meningkat, suasana kelas pun menjadi lebih hidup dan menyenang. Kata kunci : hasil belajar, media film, peningkatan, SKI, siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Evaluasi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 10 May 2017 03:20 |
Last Modified: | 10 May 2017 03:20 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2795 |
Actions (login required)
View Item |