KEGIATAN PENGAJIAN RUTIN PADA MAJELIS TA’LIM MIFTAHUL HUDA DAN PENGARUHNYA TERHADAP AKHLAK BERAGAMA REMAJA USIA 13-19 TAHUN DI DESA BOJONG KULON KECAMATAN SUSUKAN KABUPATEN CIREBON

IRMA AGUSTINA, (2015) KEGIATAN PENGAJIAN RUTIN PADA MAJELIS TA’LIM MIFTAHUL HUDA DAN PENGARUHNYA TERHADAP AKHLAK BERAGAMA REMAJA USIA 13-19 TAHUN DI DESA BOJONG KULON KECAMATAN SUSUKAN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
IRMA AGUSTINA (59410333) (WM BLM)-min.pdf

Download (394kB) | Preview

Abstract

IRMA AGUSTINA (59410333) : “ KEGIATAN PENGAJIAN RUTIN PADA MAJELIS TA’LIM MIFTAHUL HUDA TERHADAP AKHLAK BERAGAMA REMAJA USIA 13-19 TAHUN DI DESA BOJONG KULON KECAMATAN SUSUKAN KABUPATEN CIREBON Kepemimpinan seorang kiai atau ustadz akan berpengaruh besar dalam sebuah lembaga. Sebagai contoh Majlis Taklim sebagai tempat belajar atau interaksi bagi para anggotanya akan memberikan orientasi kearah pola kehidupan yang lebih baik. Di sisi lain sering terdapat masalah dalam kehidupan sosial masyarakat dimana perilaku cenderung tidak merefleksikan norma kehidupan beragama yang baik. Salah satu contohnya adalah kasus di daerah Bojong Kulon. Oleh karena itu penulis ingin mengetahui sejauhmana kegiatan Pengajian Rutin pada Majlis Taklim Miftahul Huda menjadi tempat interaksi sosial remaja di lingkungan masyarakat Desa Bojong Kulon Kecamatan Susukan Kabupaten Cirebon.. Penelitian ini bertujuan, untuk: Mengetahui tingkat Kegiatan Majelis Ta’lim Miftahul Huda di Desa Bojong Kulon Kecamatan Susukan Kabupaten Cirebon, mengetahui Akhlak Beragamaan Remaja usia 13-19 tahun dalam kehidupan sehari-hari di Desa Bojong Kulon, dan mengetahui Pengaruh Kegiatan Majelis Ta’lim Miftahul Huda terhadap Akhlak Beragamaan Remaja usia 13-19 tahun di Desa Bojong Kulon Penelitian dalam skripsi ini berlandaskan pada pemikiran bahwa Kegiatan Pengajian Rutin pada Majelis Ta’lim Miftahul Huda akan berhasil apabila jamaah menyakini, memehami, menghayati, dan mengamalkan agama islam melelui kegiatan pembinaan, dan pengajaran sebagai sustu tindakan untuk membentuk watak dan tingka laku secara sistematis, terencana dan terarah. Pengumpulan data dalam skripsi ini menggunakan tekhnik-tekhnik ; observasi, wawancara, dan studi dokumentasi dan penyebaran angket kepada Anggota Majelis Ta’lim yang di jadikan sampel seluruh Jamaah Majelis Ta’lim yaitu 32 Anggota Majelis Ta’lim dengan menggunakan teknik sampel random, kemudian data-data tersebut dianalisis dengan menggunakan rumusan prosentasi dan untuk mengetahui pengaruh antara variabel X dan variable Y.maka di gunakan rumus product momet. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Kegiatan Pengajian Rutin pada Majelis Ta’lim Miftahul Huda dalam meningkatkan Akhlak beragamaan Remaja usia 13-19 tahun ( variabel X) memiliki nilai rata-rata 83,,93%, hal ini pada kriteria 80-1.00% yang berarti katagori sangat baik. Sedangkan Akhlak beragama remaja usia 13-19 tahun (variabel Y) memiliki nilai rata-rata 79,89%, hal ini berada pada kriteria 60-80% yang berarti katagori baik. Dan hasil korelasi antara Kegiatan Pengajian Rutin pada Majelis Ta’lim Miftahul Huda dan pengaruhnya terhadap Akhlak beragama remaja usia 13-19 tahun di Desa Bojong Kulon sebesar rxy= 0,42. Terletak pada rentang 0.400 sampai 0.600 yang menunjukkan kategori korelasi agak rendahS. Dan berdasarkan prosentasenya hanya 17,6% saja Kegiatan Pengajian Rutin pada Majelis Ta’lim Miftahul Huda d terhadap akhlak beragama Remaja usia 13-19 tahun di Desa Bojong Kulon Kecamatan Susukan Kabupaten Cirebon sedangkan sisanya 82,4% dipengaruhi oleh faktor lain.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Evaluasi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 10 May 2017 03:48
Last Modified: 10 May 2017 03:48
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2803

Actions (login required)

View Item View Item