KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENGAJAR AL-QUR’AN PENGARUHNYA TERHADAP KETARTILAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS VIII DI SMPN 3 SUMBER KELURAHAN PEJAMBON KECAMATAN SUMBER KABUPATEN CIREBON

KHOIRUL RIZAL UBAIDI, (2015) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENGAJAR AL-QUR’AN PENGARUHNYA TERHADAP KETARTILAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS VIII DI SMPN 3 SUMBER KELURAHAN PEJAMBON KECAMATAN SUMBER KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
Khoirul Rizal Ubaidi (wm blm)-min.pdf

Download (425kB) | Preview

Abstract

Khoirul Rizal Ubaidi : NIM : 14111110042 Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Mengajar Al-Qur’an Pengaruhnya terhadap Ketartilan Membaca Al- Qur’an Siswa Kelas VIII di SMPN 3 Sumber Kelurahan Pejambon Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon. Membaca Al-Qur’an secara tartil merupakan sebuah keharusan agar siswa dan siswi mampu membaca Al-Qur’an secara benar dan sesuai dengan kaidahkaidah ilmu tajwid, dalam realitasnya ketika dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) khususnya materi pelajaran Al-Qur’an masih banyak di temukan siswa dan siswi yang sulit membaca Al-Qur’an secara tartil. Faktor yang menyebabkan terjadinya masalah tersebut apakah karena latar belakang siswa dan siswi yang kurang mampu dalam menyerap pemahaman ilmu pengetahuan yang diberikan oleh guru ketika menyampaikan materi pelajaran Al-Qur’an ataukah dari metode pembelajarn yang digunakan oleh guru yang tidak sesuai dengan kondisi peserta didik sehingga masih banyak siswa dan siswi yang belum bisa membaca Al-Qur’an dengan tartil. Penelitian yang dilakukan di SMPN 3 Sumber bertujuan untuk memperoleh data tentang kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengajar Al-Qur’an dan data tentang ketartilan membaca Al-Qur’an siswa. Bertolak dari masalah tidak mampunya siswa dalam membaca Al-Qur’an secara tertil merupakan tanggung jawab dari seorang guru khusunya guru Pendidikan Agama Islam (PAI), guru yang mempunyai latar belakang sebagai seorang pendidik tentu mempunyai cara-cara untuk megatasi masalah tersebut. Oleh sebab itu guru yang sudah dibekali dengan empat kompetensi salah satunya yaitu kompetensi pedagogik harus bisa mengatasi masalah yang dialami peserta didik khusunya dalam materi pelajaran Al-Qur’an agar kesulitan membaca Al- Qur’an secara tartil yang dialami oleh peserta didik dapat teratasi dengan baik dan menyeluruh. Dalam menganalisis data penulis menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data : Observasi, Wawancara, Dokumentasi, Angket dan test dengan menggunakan rumus prosentase. Kemudian untuk mempermudah analisis data guna mengetahui hubungan antara variabel x dan y peneliti menggunakan rumus product moment. Dari hasil analisis data dapat di peroleh kesimpulan bahwa kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengajar Al-Qur’an dalam kategori Baik dengan skor sebesar 82.8%. ketartilan membaca Al-Qur’an Siswa dalam kategori Baik dengan skor sebesar 81.1%. terdapat pengaruh kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengajar Al-Qur’an terhadap ketartilan membaca Al-Qur’an siswa yaitu dengan kategori sangat rendah, hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan keofisien korelasi dengan nilai 0.167 dan nilai kontribusi determinasi yaitu dengan nilai prosentase sebesar 2.789% sedangkan sisanya sebesar 97.211% dipengaruhi oleh faktor lain.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Evaluasi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 10 May 2017 04:00
Last Modified: 23 Aug 2021 15:33
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2806

Actions (login required)

View Item View Item