KHOLIFAH, (2015) PENGARUH PENGGUNAAN METODE BANDONGAN MELALUI PENGAJIAN KITAB TUHFATUL ATHFAL TERHADAP KEMAMPUAN SANTRI DALAM MEMPRAKTEKKAN ILMU TAJWID DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR’AN MIFTAHUL FALAH KECAMATAN HARJAMUKTI KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
KHOLIFAH PAI 2015 (WM BLM)-min.pdf Download (482kB) | Preview |
Abstract
Kholifah: 14111110043 Pengaruh Penggunaan Metode Bandongan Melalui Pengajian Kitab Tuhfatul Athfal terhadap Kemampuan Santri dalam Mempraktekkan Ilmu Tajwid di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Miftahul Falah Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon Tidak semua santri mampu mempraktekkan ilmu tajwid dengan baik walaupun sudah mengaji kitab Tuhfatul Athfal dengan menggunakan metode bandongan. Metode bandongan yang digunakan di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur‟an (PPTQ) Miftahul Falah dapat menjadikan santri memiliki kemampuan dalam mempraktekkan ilmu tajwid serta dapat membaca al-Qur‟an dengan baik dan fasih. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui penggunaan metode bandongan melalui pengajian kitab Tuhfatul Athfal di PPTQ Miftahul Falah Kec. Harjamukti Kota Cirebon, 2) mengetahui kemampuan santri dalam mempraktekkan Ilmu Tajwid di PPTQ Miftahul Falah Kec. Harjamukti Kota Cirebon, 3) mengetahui pengaruh penggunaan metode bandongan melalui pengajian kitab Tuhfatul Athfal terhadap kemampuan santri dalam mempraktekkan Ilmu Tajwid di PPTQ Miftahul Falah Kec. Harjamukti Kota Cirebon. Ketika seseorang belajar untuk dapat menyerap ilmu lebih cepat bisa dengan 3 cara, yaitu ingatan (memory), berpikir, dan kemauan/kehendak. Sehingga santri dapat memahami materi pelajaran dengan baik dan maksimal. Dengan demikian, penggunaan metode bandongan melalui pengajian kitab Tuhfatul Athfal yang baik dan benar akan memberikan pengaruh besar terhadap kemampuan santri dalam mempraktekkan ilmu tajwid. Dalam penelitian ini digunakan teknik sebagai berikut: observasi, wawancara, angket, dan Dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus skala prosentase. Dan untuk mengetahui hubungan antara variabel x dan variabel y, maka digunakan rumus korelasi Pearson Product Moment (PPM). Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa: 1) Penggunaan metode bandongan melalui pengajian kitab Tuhfatul Athfal berdasarkan perhitungan angket menunjukkan hasil 82,44% nilai ini termasuk dalam kategori baik karena berada pada rentang prosentase 76%-100%. 2) Kemampuan santri dalam mempraktekkan Ilmu Tajwid berdasarkan perhitungan angket menunjukkan hasil 65,96% nilai ini termasuk dalam kategori cukup baik karena berada pada rentang prosentase 56%-75%. 3) Pengaruh Penggunaan metode bandongan melalui pengajian kitab Tuhfatul Athfal terhadap kemampuan santri dalam mempraktekkan Ilmu Tajwid sebesar 0,20 yang berarti korelasi “rendah” karena berada dalam interval 0,20 - 0,399. Kemudian terdapat hubungan yang signifikan antara variabel X dan Y. Adapun besaran keberpengaruhannya adalah 4% dan sisanya 96% dipengaruhi oleh variabel lain.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 10 May 2017 04:02 |
Last Modified: | 10 May 2017 04:02 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2807 |
Actions (login required)
View Item |