UPAYA GURU DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS POKOK BAHASAN SURAT AL-‘ALAQ MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DI MTS MAHARESI SIDDIQ WANANTARA KECAMATAN TALUN KABUPATENCIREBON

KHURIYAH, (2015) UPAYA GURU DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS POKOK BAHASAN SURAT AL-‘ALAQ MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DI MTS MAHARESI SIDDIQ WANANTARA KECAMATAN TALUN KABUPATENCIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
KHURIYAH (14121190051) (WM BLM)-min.pdf

Download (408kB) | Preview

Abstract

Khuriyah. NIM: 14121190051. UPAYA GURU DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS POKOK BAHASAN SURAT AL-‘ALAQ DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DI MTS MAHARESI SIDDIQ WANANTARA KECAMATAN TALUN KABUPATEN CIREBON Metode pembelajaran Al-Qur’an Hadits yang diterapkan selama ini di MTs Maharesi Siddiq Wanantara Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon belum efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan oleh penerapan metode yang kurang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui tentang: 1) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits pokok bahasan surat Al-‘Alaq di MTs Maharesi Siddiq Wanantara. 2) Dampak penggunaan media audio visual pada mata pelajaran Al-Qur’an hadits pokok bahasan surat Al-‘Alaq melalui penggunaan media audio visual. Metode penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan teknik pengamatan (observasi), dokumentasi, dan tes. Dari penelitian ini dapat diketahui: 1) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits pokok bahasan Surat Al-‘Alaq pada waktu pra siklus masih rendah yaitu dengan persentase ketuntasan siswa hanya 52,78% dan 47,22% masih belum tuntas. 2) Penerapan metode audio visual pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits berjalan cukup baik, hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan aktivitas siswa dan ketuntasan siswa meningkat menjadi 61,11%. 3) Dampak penerapan metode audio visual lebih dapat dirasakan pada siklus II, ketuntasan siswa pada siklus II menjadi 75%, hasil ini lebih baik dari siklus sebelumnya. Kemudian, pada siklus III ketuntasan siswa kembali menigkat menjadi 91,67%. Kesimpulan penelitian ini adalah strategi pembelajaran menggunakan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Maharesi Siddiq Wanantara.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Analisa Bahan Ajar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 10 May 2017 04:05
Last Modified: 10 May 2017 04:05
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2808

Actions (login required)

View Item View Item