LAELI IZZATI AWALIYANI, (2015) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODE SOROGAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA KITAB FATHUL AL-QORIB SANTRI USIA 13-15 TAHUN DI PONDOK PESANTREN ASSALAFIYAH DESA LUWUNGRAGI KECAMATAN BULAKAMBA KABUPATEN BREBES. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
LALELI PAI 2015 (WM BLM)-min.pdf Download (497kB) | Preview |
Abstract
LAELI IZZATI AWALIYANI “ EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODE SOROGAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA KITAB FATHUL AL-QORIB SANTRI USIA 13-15 TAHUN DI PONDOK PESANTREN ASSALAFIYAH DESA LUWUNGRAGI KECAMATAN BULAKAMBA KABUPATEN BREBES” 14111111345 Secara umum Pesantren memiliki beberapa macam metode yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran kitab kuning, salah satunya adalah metode sorogan, dimana metode ini dilakukan secara tatap muka langsung antara kyai/ustadz dan santri. Apabila metode ini dapat dilaksanakan dengan baik, maka akan menciptakan kemampuan membaca kitab dengan baik. Kemampuan santri usia 13-15 tahun dalam membaca kitab fathul qorib di pondok pesantren assalafiyah desa luwungragi Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes dirasakan kurang, padahal telah diterapkan metode sorogan oleh ustadz yang berkompeten di bidangnya. Penelitian yang dilakukan di Pondok Pesantren Assalafiyah Desa Luwungragi Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes bertujuan untuk memperoleh data tentang penerapa dan penggunaan metode sorogan, untuk mengetahui kemampuan membaca kitab kuning santri, dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan dalam kemampuan santri membaca kitab kuning. Penelitian ini bertolak dari pemikiran dasar bahwa metode sorogan akan memberikan pengaruh yang besar terhadap kemampuan membaca kitab kuning santri sehingga perkembangan dan pemahaman santri mengenai materi pembelajaran dapat dipahami secara maksimal. Dengan demikian, penggunaan metode sorogan yang baik dan benar akan memberikan pengaruh besar untuk kelancaran membaca dan pemahaman santri dalam mengaji kitab kuning. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan teknik-teknik sebagai berikut: Teknik pengumpulan data. Adapun teknik-tekniknya adalah: a. observasi, b. angket, c. wawancara, d. Dokumentasi. Menggunakan rumus prosentase dan Untuk mengetahui hubungan antara variabel x dan variabel y, maka digunakan rumus korelasi Pearson Product Moment (PPM). Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa : Penggunaan metode sorogan pada pengajian kitab kuning di Pondok Pesantren Assalafiyah dalam kategori Baik dengan skor sebesar 77.75%. Kemampuan santri dalam membaca kitab Fathul Qorib di Pondok Pesantren Assalafiyah dalam kategori Cukup Baik dengan skor sebesar 62,75%. Efektifitas Pe n g g u n a a n Metode sorogan terhadap kemampuan santri membaca kitab fathul Qorib di Pondok Pesantren Assalafiyah Luwungragi Bulakamba Brebes yaitu dengan kategori Kuat, hal ini dapat dibuktikan dari hasil perhitungan koefisien korelasi dengan nilai 0.641%.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Evaluasi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 10 May 2017 04:22 |
Last Modified: | 10 May 2017 04:22 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2813 |
Actions (login required)
View Item |