MOH. SAMSUL MAARIF, (2015) PERSEPSI SISWA MENGENAI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENGARUHNYA TERHADAP PEMAHAMAN SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) NEGERI BABAKAN CILEDUG KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
MOH. SAMSUL MAARIF (WM BLM)-min.pdf Download (597kB) | Preview |
Abstract
MOH. SAMSUL MAARIF : NIM. 14111110062 Persepsi Siswa Mengenai Kompetensi Pedagogik Guru Pengaruhnya terhadap Pemahaman Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Babakan Ciledug Kabupaten Cirebon Kompetensi pedagogik guru merupakan kemampuan yang harus dimiliki guru dalam memahami karakteristik siswa dan kemampuan dalam mengelola pembelajaran. Kompetensi ini mutlak dibutuhkan bagi seorang guru karena melalui guru yang berkompetenlah keberhasilan siswa dalam belajar bisa terwujud. Baik keberhasilan dalam bidang kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Oleh karena itu, penelitian ini berusaha mengungkap sejauh mana pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap pemahaman siswa terkait materi-materi yang telah diajarkan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits, pemahaman siswa kelas VIII pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits, dan pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap pemahaman siswa kelas VIII pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Negeri Babakan Ciledug Kabupaten Cirebon. Penelitian ini berawal dari kerangka pemikiran bahwa kompetensi pedagogik merupakan modal dasar bagi guru dalam membina dan mendidik peserta didik sehingga tercapai mutu pendidikan yang akan menghasilkan peserta didik yang memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan yang paripurna. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini, antara lain: wawancara, angket, tes, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data yaitu dengan menggunakan rumus persentase, korelasi product moment, dan koefisien determinasi. Kesimpulan dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan oleh peneliti, antara lain: kompetensi pedagogik guru Al-Qur’an Hadits termasuk dalam kategori baik dengan nilai 75 % karena berada pada interval 61 % - 80 %. Pemahaman siswa kelas VIII pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits termasuk dalam kategori baik. Hal ini didasarkan pada hasil perhitungan mean (81,37), modus (68,9), dan median (81). Pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap pemahaman siswa kelas VIII pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Negeri Babakan Ciledug Kabupaten Cirebon menunjukkan nilai korelasi yang mencapai rxy = 0,05211 yang menunjukkan pada korelasi yang sangat rendah karena berada pada interval 0,00 – 0,20. Adapun pengaruh kompetensi pedagogik guru (variabel X) terhadap pemahaman siswa kelas VIII pada mata pelajaran Al- Qur’an Hadits (variabel Y) di MTs Negeri Babakan Ciledug Kabupaten Cirebon adalah sebesar 0,27 % sedangkan sisanya yaitu 99,73 % dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 10 May 2017 06:21 |
Last Modified: | 10 May 2017 06:21 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2821 |
Actions (login required)
View Item |