NUR ANISSYAH, (2015) BIMBINGAN USTADZAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DAN HASIL-HASILNYA BAGI KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SECARA FASHIH REMAJA USIA 13-15 TAHUN DI RW 06 KELURAHAN DRAJAT KECAMATAN KESAMBI KOTA CIREBON (KASUS TAHUN 2013 ). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
NUR ANISSYAH (WM BLM)-min.pdf Download (545kB) | Preview |
Abstract
NURANISSYAH : 59410350 Bimbingan Ustadzah dalam meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Dan Hasil- Hasilnya Bagi Kemampuan Membaca Al-Qur’an Secara Fashih AnakUsia 13-15 Tahun Di Kelurahan Drajat Kecamatan Kesambi Kota Cirebon Peran Ustadzah dalam membimbing baca Al-Qur’an merupakan pendidikan dalam lingkungan luar sekolah yang secara tidak langsung yang sangat berpengaruh bagi perkembangan anak dimasa depan. Ustadzah mempumyai peranan sebagai pembimbing anak didik agar lebih lancar dalam membaca Al- Qur’an. Penulis memperoleh gambaran, bahwasanya Ustadzah sudah memberikan perannya dengan baik dalam memberikan bimbingan baca Al-Qur’an. Namun pada kenyataannya penulis menemukan realita, ternyata masih banyak anak-anak yang belum fasih dalam membaca Al-Qur’an. Permasalahannya adalah mengapa upaya Ustadzah membimbing anak didiknya dalam baca Al-Qur’an belum sepenuhnya berdampak positif khususnya bagi kefasihan baca Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk: 1. mengetahui pembimbingan membaca Al- Qur’an anak usia 13-15 tahun di Kelurahan Drajat 2. kemampuan baca Al-Qur’an (fashohat) anak usia 13-15 tahun di Kelurahan Drajat 3. hasil usaha bimbingan Ustadzah dalam meningkatkan kemampuan baca Al-Qur’an (fashohat) anak usia 13-15 tahun di Kelurahan Drajat. Peran Ustadzah dalam memberikan pendidikan membaca Al-Qur’an melalui materi keimanan, tampak dalam menerapkan hukum baca nun mati atau tanwin, hukum gunnah, hukum AL dan hukum qolqolah saat membaca Al-Qur’an. Bersopan santun terhadap orangtua dan anggota keluarga. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan Kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, angket dan studi dokumentasi. Sementara untuk pengolahan data digunakan rumus prosentase dan product-moment. Berdasarkan hasil pengolahan data, dapat disimpulkan bahwa membimbing baca Al-Qur’an tergolong pada kategori baik, dimana diperoleh nilai sebesar 88,33% yang terletak pada rentang 81-100%, Kemampuan membaca Al-Qur’an secara fashih anak usia 13-15 tahun Kelurahan Drajat tergolong pada kategori baik, dimana diperoleh nilai sebesar 79,83% yang terletak pada rentang 61-80%. Pengaruh dari peran Ustadzah dalam membimbing baca Al-Qur’an terhadap kemampuan baca Al-Qur’an secara fhasih anak usia 13-15 tahun Kelurahan Drajat Kecamatan Kesambi Kota Cirebon memiliki korelasi agak rendah. Jumlah korelasi kedua variabel sebesar 0,56 terletak pada rentang 0,400-0,600 dimana nilai tersebut mengindikasikan pada kategori agak rendah. Jika dilihat dari prosentasenya, hanya 31,36% saja peran Ustadzah dalam membimbing baca Al- Qur’an mempengaruhi kemampuan membaca Al-Qur’an secara fasih anak di Kelurahan Drajat dan masih terdapat 68,64% faktor lainnya yang mempengaruhi kemampuan membaca Al-Qur’an secara fasih.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Evaluasi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 10 May 2017 06:46 |
Last Modified: | 10 May 2017 06:46 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2827 |
Actions (login required)
View Item |